loading...
Loading...
AKBP Arif Budiman. Foto/Wardoyo

SRAGEN- Misteri temuan puluhan sertifikat tanah dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) di tepi sungai di bawah Jembatan Mahbang, Kenatan, Sambungmacan, Sragen, Minggu (18/11/2018) pagi akhirnya terungkap. Kapolres Sragen, AKBP Arif Budiman memastikan puluhan surat berharga itu terdeteksi merupakan hasil pembobolan kantor berlokasi di Solo.

“Setelah kita temukan itu, kemarin kita koordinasi dengan Polres sekitar barangkali ada TKP pembobolan kantor atau brankas yang ada kehilangan BPKB atau sertifikat. Ternyata tadi pagi dari Polresta Solo ada tim datang dan menyampaikan bahwa benar ada TKP pembobolan di Solo yang mengarah ada kehilangan BPKB maupun sertifikat,” papar Kapolres, Senin (19/11/2018).

Baca Juga :  Parah, Belasan Pelajar SMK dan SMP di Sragen Digerebek Saat Mbolos dan Joget-Joget. Bikin Resah Warga,  Sebagian Kocar-Kacir Melarikan Diri 

Menurut Kapolres, diduga kuat puluhan BPKB maupun sertifikat itu sengaja dibuang oleh pelaku untuk menghilangkan jejak. Namun perihal kantor atau institusi apa yang dibobol di Solo, saat ini masih dilakukan koordinasi dengan pihak Solo.

“Kasat Serse dan Kapolsek sudah kami minta berkoordinasi dengan Solo. Kalau sudah fix baru nanti akan kita buat berita acara dan serah terima BB (barang bukti),” terangnya.

Kapolres menjelaskan dari hasil pengecekan di Samsat, BPKB yang ditemukan itu semuanya asli. Pun dengan sertifikat tanahnya juga dipastikan asli setah dikroscek ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Saat ini BB temuan sertifikat dan BPKB masih diamankan di Mapolsek Sambungmacan. Kalau sudah fix lokasi Solo, nanti akan dilakukan serah terima BB ke Solo,” tandasnya.

Baca Juga :  14 Lembar Nota Pembelaan Mantan Bupati Agus Nan Mengharukan. Ungkap Bukti Kasbon Yang Tak Pernah Ada Aslinya Hingga Misteri Pemalsuan Tandatangan Aliran Ratusan Juta! 

Seperti diberitakan, puluhan surat berharga itu ditemukan tanpa sengaja oleh warga yang sedang mencari ikan di lokasi kejadian.

Data yang dihimpun di lapangan, puluhan sertifikat dan BPKB itu ditemukan sekitar pukul 07.30 WIB oleh Sarmanto, warga Dukuh Kenatan, RT 7, Karanganyar, Sambungmacan.

Ia menemukan saat hendak mencari ikan di sungai di bawah jembatan.

Sesampai di lokasi, ia kaget mendapati beberapa bendel berisi BKPB dan sertifikat asli dalam keadaan basah. Puluhan surat berharga itu dalam kondisi tercecer berada di tepi sungai. Temuan itu langsung ia laporkan ke Polsek setempat. Tak lama berselang, tim Polsek Sambungmacan dipimpin Kapolsek AKP Joko Widodo langsung terjun ke lokasi untuk mengambil temuan itu dan melakukan olah TKP.

Baca Juga :  Kecewa Besaran UMK, Buruh di Sragen Mengaku Terima dengan Terpaksa. Berharap Angka Ketetapan Gubernur Bisa Naik Lagi! 

“Saat ditemukan, kondisi BPKB dan sertifikatnya basah. Kemudian dibawa ke Mapolsek dan dilakukan penjemuran. Kalau dari fisiknya, kelihatannya BPKB dan sertifikat itu asli. Saat ini semua masih diamankan di Mapolsek,” papar Kapolres Sragen, AKBP Arif Budiman Minggu (18/11/2018).

Kapolsek menguraikan dari hasil pendataan, total ada 25 surat BPKB asli yang ditemukan. Sedangkan jumlah sertifikatnya terdeteksi sebanyak 3 bendel sebanyak 18 buah. Wardoyo

Loading...