JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

300 Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Menjadi Investor di Bursa Efek

Dok Unisri

SOLO –  Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo menggelar  Sekolah Pasar Modal 2018, Selasa (11/12/2018).   Acara bertema “Investasi Saham di Era Milenial untuk Hidup yang Lebih Baik”, Selasa (11/12/2018) yang berlangsung di  Ruang Sidang Lantai 3 kampus setempat itu diikuti 300 mahasiswa.

Kegiatan itu merupakan realisasi MoU yang sudah dilakukan Unisri  dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Sekuritas (Phintraco Sekuritas) sejak tahun 2014.

D. Ririn Indriastusi, SE, MSi, selaku dosen pengampu mata kuliah Pasar Modal menyatakan bahwa kegiatan merupakan praktek perkuliahan Pasar Modal. Mahasiswa langsung praktek jual beli saham yang sesungguhnya.

Baca Juga :  Nayla Rebut Juara Pertama Lomba Tiktok Unisri

“Hari ini kita akan lakukan login massal 300 mahasiswa, setelah itu secara otomatis setiap akun akan mendapat uang 100 ribu,” ungkap Dendy Faizal Amin dari Bursa Efek Indonesia sebagaimana dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Sementara itu, Setiawan Efendi, selaku Manajer Phintraco Sekuritas Cabang Solo, memberikan motivasi kepada mahasiswa dalam mengelola uang atau saham, juga tentang bagaimana mengelola psikologi dalam trading.

“Kita harus tenang saat melakukan trading, tidak boleh terbawa emosi dan berpikir jernih.” paparnya.

Baca Juga :  SMPN 8 Solo Gelar Simulasi Penilaian Tengah Semester Secara Daring

Syadza Fadila Siregar, mahasiswa Akuntansi semester 3 yang baru satu minggu bergabung dan mulai jual beli saham mengatakan sangat menyenangkan bertransaksi saham bila dibandingkan menabung.

” Baru satu minggu saya sudah mendapatkan profit  lima puluh ribu, karena fokus membeli saham perusahaan yang naiknya saham cepat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan untuk memantau perkembangan nilai saham saham mudah dan praktis dapat menggunakan aplikasi yang diunduh dari playstore. Perkembangan harga saham bisa dilihat dari smartphone. #suhamdani