JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Aman, Pertamina Jamin Ketersediaan BBM dan LPG Selama  Libur Natal dan Tahun Baru

Tribunnews
Tribunnews

SOLO– PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng dan DIY menjamin keterswdiaan BBM dan LPG selama masa libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Untuk itu, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng dan DIY telah membetuk satgas Natal dan Tahun Baru 2019 yang bekerja mulai 18 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019.

Beberapa upaya untuk memperkuat ketahanan distribusi BBM dan LPG, diantaranya adalah memperkuat stock BBM & LPG, mengamankan supply BBM & LPG di Terminal BBM dan Depot LPG Pertamina, memperkuat layanan BBM & LPG di lembaga penyalur serta memberikan layanan BBM dan LPG di tempat yang rawan dengan kepadatan.

“Mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM dan LPG selama libur Natal dan Tahun Baru 2019, kami memperkuat Stok BBM dan LPG di wilayah Solo Raya.  Untuk BBM jenis Gasoline (Premium, Pertalite dan  Pertamax Series) di Solo Raya kami siagakan tambahan stock 12 % dari rata-rata normal harian 2.376,57 KL/hari yang naik menjadi 2.668,22 KL/hari. Dan untuk konsumsi LPG di wilayah DIY kami menyiagakan tambahan stock 11% menjadi 749 MT/hari di banding rata-rata harian normal 675 MT/hari.” Jelas Andar Titi Lestari, Unit Manager Communication & CSR Marketing Operation Region IV Pertamina, Kamis (20/12/2018).

Baca Juga :  Muscablub Pemuda Pancasila Solo, Faisol Rifqi Terpilih Jadi Ketua

Ditambahkan Andar, berdasarkan pengalaman pada masa satgas nataru di tahun sebelumnya, Pertamina MOR IV memprediksi Peningkatan konsumsi tertingggi terjadi pada tanggal 25 dan 31 Desember, sedangkan penurunan konsumsi terendah terjadi pada tanggal 5 Januari 2017 atau berdekatan dengan berakhirnya masa libur Natal dan Tahun Baru. Sementara itu untuk konsumsi LPG, peningkatan tertinggi diprediksi akan terjadi pada H-7 Natal sebesar 12% dan H+1 Natal sebesar 11%.

Baca Juga :  Sempat Diamankan, 27 Orang Termasuk Anggota PSHT Dipulangkan, Motor Tetap Ditahan

Berbeda dengan produk BBM Lainnya, produk jenis Gasoil (Solar, Dexlite dan Pertamina Dex) di wilayah Solo Raya diprediksi akan mengalami penurunan hinga 5% dari rata-rata harian sebesar 173,08 KL/hari menjadi 164,92 KL/hari karena adanya pembatasan operasional angkutan barang dan penurunan kegiatan angkutan industri

Sementara untuk produk Avtur, lanjut Andar, Pertamina MOR IV siagakan tambahan stock 7% dari rata-rata konsumsi normal yaitu dari 480 KL menjadi 514 KL, untuk mengantisipasi padatnya penerbangan di bandara Jawa Tengah dan DIY selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2019. Triawati PP