loading...
Loading...
Ilustrasi/Yuliantoro

SOLO- Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Surakarta menyelenggarakan pameran hasil kompetisi karya mahasiswa FSRD ISI Surakarta yang bertajuk Prabangkara Award. Pameran ini diselenggarakan di Galeri Raos, Batu, Jawa Timur dan berlangsung mulai tanggal 2-6 Desember 2018.

Sebanyak 40 karya terbaik mahasiswa dari Prodi yang ada di FSRD ISI Solo dipamerkan dalam pameran. Kompetisi Prabangkara Award ini baru pertama kali diselenggarakan dengan maksud untuk menumbuhkan iklim berkesenian yang kreatif, inovatif dan  untuk menumbuhkan iklim akademik yang sehat dan dinamis.

Menurut Dekan FSRD, Joko Budiwiyanto, kegiatan ini sekaligus dimaksudkan untuk memberikan ruang kreatif baru bagi mahasiswa untuk dapat berkompetisi antar sesama mahasiswa dalam mengadu ide, gagasan kreatif, penguasaan material dan teknik, dalam mewujudkan karya seni dan atau desainnya.

“Kegiatan ini sangat penting dan strategis, karena sebagai wadah dan ajang adu kreativitas antar mahasiswa dalam satu prodi untuk berbagai angkatan sebagai upaya untuk mempersiapkan kemampuan mahasiswa dalam membuat konsep karya, memvisualisasikan, dan merepresentasikannya dalam sebuah ajang kompetisi,” tuturnya,” Minggu (2/12/2018).

Baca Juga :  Syafii Efendi : Negara Yang Sakit, Indikator Menuju Perubahan

FSRD ISI Solo bekerja sama dengan berbagi lembaga diluar kampus untuk memperluas jaringan dan apresiasi masyarakat terhadap karya-karya mahasiswa FSRD ISI Surakarta. Nama Prabangkara Award sendiri diambil nama seorang tokoh yang ahli di bidang seni yaitu seni lukis tradisional dengan teknik gradasi pada jaman Majapahit yaitu Raden Sungging Prabangkara. Pemilihan nama ini sejalan dengan nafas dari ISI Surakarta yang mempunyai komitmen kuat pada pelestarian dan pengembangan seni tradisi.

Selain pameran, juga diselenggarakan screening film hasil karya terbaik mahasiswa TVF berjudul  Swara Kalbu (Terbaik I), Wong Gunung Modon Embong (Terbaik II), dan Sebungkus Keyakinan (Terbaik III). Setelah screening film dilanjutkan artist talk yang akan dipandu oleh Dosen TVF FSRD ISI Surakarta Citra Dewi Utami. Selain movie screening juga ada workshop story board oleh dosen DKV ISI Surakarta Rendya Adi Kurniawan  di SMKN 3 Batu pada hari Senin 3 Desember 2018 pukul 09.00 sampai selesai. Triawati PP

Loading...