JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Masih Banyak Yang Percaya Biopsi Malah Bisa Perparah Tumor, Tapi Ini Kata Dokter

   
ilustrasi/tempo.co

Sebagian orang percaya rumor bahwa tindakan biopsi justru bisa memperparah tumor yang diderita seseorang.

Namun rumor tersebut terbantahkan oleh penjelasan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sekaligus dokter spesialis penyakit dalam, Ari Fahrial Syam.

“Rumor bahwa kalau ada tumor jangan dibiopsi karena akan menjadi tambah parah, itu tidak benar. Itu mitos,” kata Ari saat ditemui usai mengisi seminar awam Kanker Usus Besar Bisa Dicegah dan Diatasi di Ruang Senat FKUI, Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Ari menjelaskan biopsi merupakan tindakan medis yang harus dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi jaringan sel pada bagian tubuh kita yang dicurigai terindikasi penyakit kanker dan sebagainya.

“Itu mitos yang diyakini oleh pasien benar adanya. Salah itu. Justru seorang Endoskopis melakukan kronoskopi, ketika menemukan sesuai dia harus biopsi,” kata Ari.

Baca Juga :  Jangan Panik Jika Vertigo Menyerang, Ini yang Harus Dilakukan

“Karena dengan biopsi dia tahu jenisnya. Apakah kanker atau polip kah, dan itu tidak berhubungan dengan perburukan perjalanan penyakit,” katanya.

Biopsi adalah sebuah prosedur pengambilan jaringan atau sampel sel dari tubuh Anda untuk membantu tim medis mendiagnosis suatu penyakit.

Sederhanya, sampel sel atau jaringan tubuh Anda nantinya akan diuji di labolatorium dan dilihat bentuknya oleh tim medis ahli melalui mikroskop.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com