JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Selama Libur Akhir Tahun Jalan Tol Semarang-Pasuruan Gratis

   
tempo.co

JOGJA – Kabar gembira bagi masyarakat yang hendak mudik liburan akhir tahun. Pasalnya, jalan tol Trans Jawa mulai Semarang hingga Pasuruan gratis dilewati selama libur akhir tahun.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono. Menurutnya, ada tujuh ruas jalan tol yang diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (20/12/2018).

Namun Basuki menegaskan, penggratisan biaya masuk tol itu hanya berlaku untuk liburan Natal dan Tahun baru 2019 saja. Menurutnya, pemerintah ingin memastikan kelancaran lalu lintas di masa liburan akhir tahun masyarakat di Pulau Jawa.

Baca Juga :  Keributan Antarkelompok di Yogya, Polisi Amankan Seorang Pemuda Berikut Gesper Besi

“Pak akan memastikan kesiapan tempat peristirahatan di ruas-ruas tol itu,” kata Basuki usai dinobatkan sebagai penerima Sultan Hamengku Buwono IX Award di Universitas Gadjah Mada (UGM),  Rabu (19/12/2018).

Ia menyebut, pemerintah saat ini membuat 70 persen gerai untuk  Usaha Mikro Kecil dan Menengah di rest area jalan tol. Sedangkan   sisanya untuk  komersial.

“Untuk jalan tol hingga Januari 2019 akan digratiskan,” kata dia.

Basuki juga menyatakan tol Trans Jawa tidak hanya akan berakhir di Pasuruan saja. Namun  akan digarap terus hingga Banyuwangi yang diprediksi selesai pada 2021.

Baca Juga :  Nyaris Pecah Perang Sarung, 7 Pemuda di Yogya Ini Diringkus Polisi

Ia menambahkan, tidak hanya jalan tol di jalur utara, tetapi pemerintah juga menggarap tol di jalur selatan pulau Jawa. Yaitu Bandung-Yogyakarta-Solo. Sebab,  jika hanya jalur utara yang digarap  tidak akan cukup apalagi  kendaraan semakin banyak.

Ia menambahkan, dari sisi infrastruktur terus menjadi perhatian pemerintah karena dapat memberikan kontribusi pada kesejahteraan rakyat dan pertumbuhan ekonomi. Target pemerintah, pada  2021 tol Trans Jawa dari Merak hingga Banyuwangi bisa terhubung.

“Harapannya ada peningkatan ekonomi kita semakin baik,” kata alumnus Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada ini.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com