JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Tol Trans Jawa Sedot Jumlah Penumpang Bandara Adisutjipto

ย ย ย 
ilustrasi/tempo.co

JOGJA โ€“ Pemberlakuan tarif gratis di beberapa ruas jalur tol Trans Jawa ternyata mendapat sambutan antusiass dari masyarakat pengguna.

Hal itu berdampak pada jumlah penumpang pesawat terbang ke Yogyakarta. Hal itu diungkapkan oleh General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udaraย  Adisutjipto, Agus Pandu Purnama.

Dia ย mencontohkan, sebelumnya H-3 Natalย  diprediksi ada kenaikan jumlah penumpang hingga 8,2 persen. Ternyata realisasinya kurang dari 8 persen.

“Kami awalnya memprediksi penumpang tembus 28.000, tetapi realisasinya turun menjadi sekitar 27.350-an,โ€ kata Agus Pandu, Selasa (25/12/2018) malam.

Ia menambahkan, penurunan jumlah penumpang tersebut karena beberapa faktor, tidak hanya jalan tol yang gratis. Faktor lain ada beberapa penerbangan yang mengalami keterlambatan akibat faktor cuaca. Bahkan bandara sempat ditutup akibat jarak pandangย  yang terbatas dan membahayakan penerbangan.

Baca Juga :  Seminggu, Jalan Tol Yogya-Solo Dilalui 58.000 Mobil

โ€œBerdasarkan informasi yang berhasil didapat dari penumpang, dengan beroperasinya tol Trans Jawa ini menyebabkan jarak tempuh semakin cepat. Di mana dari Surabaya ke Yogyakarta hanya sekitar 4 jam, tentu ini banyak yang penasaran ingin mencoba,โ€ kata dia.

Meskipun ada pengaruh terhadap penurunan jumlah penumpang, kata Agus Pandu, jika dibandingkan jumlah penumpang harian, tetap ada peningkatan cukup signifikan. Karena rata-rata jumlah penumpang di bandar udara itu hanya mencapai 23.000 per hari.

Komisaris Utama PT Angkasa Pura I, Ali Mochtar Ngabalin yang datang meninjau Adisutjipto, Selasa (25/12/2018) menyatakan libur panjang Natal dan Tahun Baru menjadi momen kenaikan jumlah penumpang pesawat terbang. Dari beberapa bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I menunjukkan ada kenaikan jumlah penumpang dibanding dengan hari-hari biasa.

Dari beberapa laporan yang ia terima, beroperasinya tol Trans Jawa memang berpengaruh terhadap jumlah penumpang pesawat terbang. Namun beroperasinya tol Trans Jawa tersebut tidak mempengaruhi volume penumpang harian yang menggunakan pesawat terbang.

Baca Juga :  Lebaran Sudah Lewat, Tapi Masih Ada Perusahaan di DIY Belum Bayar THR

“Karena orang penasaran ingin mencoba. Apalagi gratis. Orang Solo bos, orang Solo hebat,” kataย  Ngabalin memuji Presiden Joko Widodo yang asal Solo.

Pada liburan ini, ia mendapat tugas untuk memastikan angkutan Natal dan tahun baru di Bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I berjalan normal.

Ia mengawali pantauan dari Yogyakarta laluย  ke Surabaya dan akan masuk ke Nusa Tenggara Barat untuk memastikan layanan terhadap masyarakat bisa dilakukan secara maksimal.

“Tadi saya mendapat penjelasan dari pak GM (Agus Pandu) ada lonjakan penumpang dari 23.000 di hari biasa menjadi 27.000,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com