loading...
Loading...
Peninjauan salah satu lokasi PJU-TS di Desa Jendi, Kecamatan Selogiri, Wonogiri.

WONOGIRI-Jalanan di Kabupaten Wonogiri kini semakin terang benderang. Hal ini menyusul telah terpasang dan menyalanya ratusan lampu penerangan jalan bertenaga surya.

Inspektur Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Prof Dr Akhmad Syakhroza, meresmikan proyek pemasangan penerangan jalan umum tenaga surya  (PJU-TS) di Wonogiri, Rabu (9/1/2019).

Proyek PJU-TS yang dipasang di Kabupaten Wonogiri tahun 2018, menurut dia, sebanyak 431 titik. Sementara se-Indonesia total ada 21.789 titik di 25 provinsi.

Baca Juga :  Ketua IDI Wonogiri Bayar Denda Rp 100 Juta dengan Uang Recehan Hasil Saweran

Secara simbolis peresmian digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Dia bersama sejumlah anggota Komisi VII DPR RI selanjutnya meninjau PJU-TS yang dibangun di Desa Jendi Kecamatan Selogiri.

Pihaknya berharap dengan adanya PJU-TS mampu membuka wilayah yang selama ini tidak terjangkau listrik menjadi kawasan yang terang benderang di malam hari. Masyarakat sekitar dipastikan akan semakin mudah mengakses daerah terluar sehingga tujuan pemerintah ingin meningkatkan kesejahteraan rakyat pun tercapai.

Baca Juga :  Polres Wonogiri Tangkap Warga Sukoharjo, Diduga Terlibat Kasus Narkoba

Wakil Bupati Edy Santosa mengatakan, dengan penambahan 431 PJU-TS dari Kementerian ESDM, masyarakat memiliki greget yang tinggi dalam membangun desa. Program ini, kata Edy,  sangat sinkron dan  strategis dengan panca program, khususnya di sektor pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

Baca Juga :  Seragam Gratis Pendidikan Dasar Wonogiri, Pemkab Sediakan Rp 10 M

“Setelah alus dalane dilanjutkan dengan pemasangan PJU-TS, kini seakan tidak ada lagi pelosok desa yang terpencil dan sepi karena lampu yang kencar-kencar di malam hari,” sebut Wabup. Aris Arianto

Loading...