JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gempa Tektonik 4,8 Guncang Tasikmalaya, Ini Sebabnya

gempa
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com
   

BANDUNG – Baru saja  bencana tsunami Sukabumi lewat, kawasan barat Pulau Jawa kembali diguncang gempa. Senin (7/1/2019)  malam sekitar pukul 22.04.09, wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat diguncang gempa bumi tektonik.

Menurut catatan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), sumber gempa bermagnitudo 4,8  itu berada di laut, dan guncangannya dirasakan di daerah Sukabumi, Pangandaran, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis.

Atas gempa tersebut, BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami. Melalui keterangan tertulisnya,  Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siswanto menyatakan koordinat episenter gempa adalah 8.15 lintang selatan dan 107.88 bujur timur.

Baca Juga :  Di MK Banjir Amicus Curiae, di Kawasan Patung Kuda Banjir Massa Berunjuk Rasa, Kubu Prabowo-Gibran Batalkan Aksi

“Di jarak 62 kilometer arah barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat,” ujarnya.

Sumber gempa berada pada kedalaman 21 kilometer. Intensitas gempa  berskala II-III MMI. Pada skala II getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca Juga :  Pakar Sebut MK Tak Akan Berani Diskualifikasi Gibran, Ini Sebabnya

Pada skala III getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk lewat. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, kata Jokko, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal.

“Akibat subduksi (penunjaman lempeng) di wilayah Selatan Jawa.”

BMKG meminta warga tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com