JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei Terbaru Pilpres Versi Indikator: Jokowi Masih Unggul 20 Persen dari Prabowo

pilpres
Ilustrasi
   
Ilustrasi

JAKARTA –  Pasangan calon presiden dan wakil presiden Nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin masi unggul ketimbang lawannya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hal itu terlihat dari hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Indikator. Dalam survei itu angka elektabilitas Jokowi – Ma’ruf 54,9 persen sedangkan Prabowo – Sandiaga sebesar 34,8 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi mengatakan selisih 20 persen itu tak lantas membuat Jokowi – Ma’ruf aman. Di sisi lain, tak cukup mudah untuk dikejar oleh pasangan Prabowo – Sandiaga.

“Karena apa pun bisa terjadi. Tetapi selisih 20 persen meskipun belum aman buat Pak Prabowo itu juga relatif agak lumayan ketimbang misalnya prediksi beberapa lembaga yang mengatakan selisihnya 15 persen,” kata Burhanuddin di kantor Indikator Politik, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2019).

Baca Juga :  Demi Ungkap Pelanggaran Pilpres 2024, Masyarakat Sipil Desak Pengadilan Rakyat

Burhanuddin mengatakan ada 9,2 persen responden yang menyatakan tidak atau tidak menjawab. Selanjutnya, sebanyak 1,1 persen langsung menyatakan tidak akan memilih alias golput. Burhanuddin mengatakan angka ini masih bisa meningkat dengan tambahan undecided voters dan swing voters.

“Yang secara spontan menyatakan akan golput ada 1,1 persen,” ujarnya.

Survei digelar pada 16-26 Desember 2018 dengan melibatkan 1.220 responden yang memiliki hak pilih di seluruh provinsi. Metode yang digunakan ialah multistage random sampling dengan wawancara tatap muka oleh pewawancara yang sudah dilatih. Indikator mengklaim margin of error surveinya plus minus 2,9 persen.

Baca Juga :  Yakin Mafia Pemilu Tak Bisa Beli MK, Tim AMIN Optimistis Gugatan Pilpres 2024 Bakal Dikabulkan

Jika ditilik dari trennya, kata Burhanuddin, tak ada pergerakan elektabilitas dari kedua pasangan calon. Survei Indikator Oktober lalu mencatat elektabilitas Jokowi – Ma’ruf 53 persen, sedangkan Prabowo Sandiaga 30 persen. Namun, jumlah pemilih yang tercatat belum menentukan pilihan alias undecided voters menurun dari 17 persen menjadi 9,2 persen. #tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com