JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Cara Mendidik Anak Lewat Program Momong Cerdas dan 4 W 5 Sempurna

Verawati Joko Sutopo
Verawati Joko Sutopo

WONOGIRI-Tim Penggerak (TP) PKK Wonogiri, telah meluncurkan dua program pendidikan anak di keluarga. Program tersebut juga bertujuan mencapai kondisi keluarga yang sejahtera.

Ketua TP PKK Wonogiri, Verawati Joko Sutopo mengatakan dua program yang telah diluncurkan tersebut yaitu 4 W 5 Sempurna dan Program Momong Cerdas. Program 4 W 5 Sempurna sendiri memiliki makna Waras, Wareg, Wasis, Wanggon, dan Waskito. Lima fasafah jawa tersebut menurutnya jika cermati dan diterapkan dalam kehidupan rumah tangga, akan membawa kebaikan.

“Program kedua adalah Momong Cerdas, intinya berupaya mendidik anak secara baik,” ungkap Verawati, Senin (7/1/2019).

Baca Juga :  Baru Tahu Ternyata Cakupan ASI Eksklusif Masih di Angka 48 Persen Padahal Bisa Meningkatkan Imun Bayi Lho

Istri Bupati Wonogiri ini mengatakan secara prinsip kedua program tersebut menitikberatkan perubahan pola pikir para orang tua. Program 4 W 5 Sempurna menekankan pada perubahan pola pikir, bahwa kehidupan di masyarakat harus dimulai dari keluarga. Kebutuhan keluarga baik fisik maupun moral dipenuhi, kemudian harus mau peduli kepada orang lain, minimal tetangga.

Untuk program Momong Cerdas dibeberkannya, warga Wonogiri mayoritas boro. Sehingga soal pengasuhan anak kerap dititipkan nenek, bahkan orang lain. Akibatnya perhatian orang tua kurang kepada anaknya. Anak kemudian mencari perhatian di luar tanpa pendampingan.

Baca Juga :  Bondan Sejiwan Boma Aji Kembali Terpilih Menjadi Ketua DPD Golkar Wonogiri, Secara Aklamasi di Musda di Pendopo Joglo Puri Kamulyan Desa Sendang Wonogiri, Seperti Ini Pesan Petinggi Golkar Jateng

Upaya mencari perhatian tersebut tidak sedikit kemudian bermuara salah jalan. Sehingga kerap sekali muncul kasus-kasus kenakalan remaja, pelecehan seksual dengan korban atau pelaku dari keluarga boro.

“Inilah yang kami upayakan agar orang tua punya rasa tidak tega melihat anaknya tumbuh tanpa perhatian penuh. Agar bisa mengasuh anak secara benar,” beber dia. Aris Arianto