JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Cara Mudah Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi lari pagi. pexels
ย ย ย 
Ilustrasi lari pagi. pexels

JAKARTA – Orang yang jarang atau tidak mudah sakit karena serangan virus dan bakteri salah satunya karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

Sistem kekebalan tubuh merupakan sistem kompleks yang tersusun dari sel, jaringan, dan organ yang bertanggung jawab terhadap imunitas melalui pertahanan tubuh dari berbagai virus dan bakteri.

Jumlah sistem kekebalan tubuh pada seseorang dapat turun karena gaya hidup seperti terus terpapar polusi dan bekerja di ruangan tertutup. Banyak ahli lantas menyimpulkan bahwa sistem kekebalan yang menurun sangat berbahaya bagi tubuh. Hal ini dikarenakan, tubuh tidak lagi dapat mempertahankan diri dari berbagai ancaman kesehatan.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Lantas, menurut dokter Suci Sutinah Diah Suksmasari dalam diskusi bersama Redoxon “Siapkan Komuter Indonesia untuk Menjaga Daya Tahun Tubuh yang Sehat dan Kuat”, berikut adalah 4 hal yang Anda dapat lakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

1. Minum banyak air putih

Air putih sangatlah penting bagi sistem kekebalan tubuh. Ia dipercaya dapat memperkuat sistem tersebut melalui keluarnya virus dan bakteri jahat di dalam tubuh lewat buang air kecil. Oleh karena itu, sangat disarankan, seseorang untuk minum 8-10 gelas per hari.

2. Makan yang bergizi

Tak hanya sekadar makan, seseorang harus dibekali dengan makanan yang bergizi. Makanan berupa daging organik yang tidak terkontaminasi dengan antibiotik serta sayuran dan buah-buahan yang segar, yaitu bebas dari paparan pestisida dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

3. Mengkonsumsi suplemen

Suplemen yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah yang memiliki kandungan vitamin C dan zinc. Jika dikonsumsi secara teratur, ia akan memberikan dampak yang baik dan positif bagi sistem ini.

4. Berolahraga

Selain mengkonsumsi makanan, minuman dan suplemen, hal lain yang harus diperhatikan adalah olahraga. Ini dipercaya dapat membuat tubuh menjadi bugar dan sistem imunitas tubuh pun meningkat. Jika tak punya waktu cukup, bergerak selama 10 menit saja sudah sangat disarankan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com