JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sandiaga Uno Kesengsem Mete Wonogiri. Ternyata Ini Penyebabnya

Sandiaga
Ilustrasi/Joglosemarnews
Sandiaga Uno mendengarkan penjelasan cara mengupas mete di Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri.

WONOGIRI-Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Uno berkunjung ke sejumlah daerah di Kota Sukses Wonogiri, Selasa (29/1/2019). Salah satu yang dikunjungi adalah sentra pengolahan mete di Dusun Tukluk Desa Kerjo Lor, Kecamatan Ngadirojo.

Di salah satu gudang produksi mete milik Bu Syamsiyah, Bang Sandi, sapaan akrab Sandiaga Uno, sampai terjongkol tertegun mendengarkan penjelasan mengenai pengolahan mete dari panen hingga siap santap.

“Wonogiri sudah terkenal sejak lama sebagai gudangnya mete. Potensi mete luar biasa, baik potensi bahan baku, tenaga kerja, hingga marketing,” ungkap Bang Sandi.

Baca Juga :  Pengesahan Warga Baru PSHT Wonogiri, Anggota Perguruan Luar Daerah Dilarang Masuk, TNI-Polri Pemkab Gelar Apel Siaga

Secara terang-terangan dia mengaku menggilai salah satu kudapan gurih itu. Bukan hanya soal rasanya yang membuat ketagihan. Tapi juga lantaran prospek bisnisnya yang selalu terbuka lebar.

Menurut dia, permintaan akan mete masih terus tinggi. Tidak cuma untuk keperluan konsumsi langsung, melainkan juga untuk keperluan industri.

“Untuk bahan pembuat coklat mete misalnya. Maupun untuk industri olahan makanan lainnya,” sebut dia.

Selain itu, ujar dia, membuka bisnis mete, baik jual beli, pengolahan, dan seterusnya, sangat jelas membuka lapangan kerja dan menyerap banyak tenaga kerja. Bisnis mete, tidak hanya digeluti orang tua, namun milenial kini kian banyak yang berkecimpung di dalamnya.

Baca Juga :  Dikritik Netizen Lantaran Dianggap Mengumpulkan Massa Ketika Penyaluran JKN KIS di Saat Pandemi, Bupati Wonogiri Joko Sutopo Berikan Klarifikasi

“Marketing bisa lewat online. Tentunya kami sangat mendukung usaha-usaha peningkatan kesejahteraan seperti ini. Sangat menyentuh masyarakat secara langsung,” terang dia.

Selain sentra mete Ngadirojo, Sandi yang didampingi Ferry Juliantono sebelumnya berkunjung ke Pasar Bung Karno Baturetno dan ikut senam dengan emak-emak di Kecamatan Pracimantoro. Bisa ditebak, kehadiran sosok Bang Sandi, menjadi magnet bagi emak-emak dan kaum milenial. Mereka berebut bisa berfoto bersama Bang Sandi. Aris Arianto