loading...
Loading...
Ilustrasi. pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM – Rasa gurih identik dengan MSG atau zat monosodium glutamat juga sering disebut ‘moto’

Di jagat kuliner bahan ini hampir pasti digunakan dalam memasak.

Kata gurih juga bisa diwakili dengan istilah umami. Frasa itu berasal dari bahasa Jepang yang artinya gurih dan enak.

Ada cara tersendiri untuk mendapatkan masakan yang memiliki rasa gurih namun tidak mengandung umami, yaitu dengan bahan alami pengganti.

Ahli gizi kuliner Mia Maria mengatakan makan makanan sehat bukan berarti tidak bisa enak. “Kita bisa mendapatkan cita rasa yang sama dari semua makanan dengan menggunakan bahan-bahan yang sehat,” kata Mia Maria di Ramurasa, Jakarta Selatan, Sabtu 9 Februari 2019. “Banyak sekali bahan alami yang bisa melengkapi cita rasa itu (MSG).”

Baca Juga :  Ini Tip Agar Tetap Sehat Selama Puasa Ramadan, Salah Satunya Perbanyak Asupan Cairan

Beberapa bahan alami yang bisa menjadi umami adalah miso, kacang kedelai, jamur shitake, tomat, kelapa, rumput laut, wijen, dan kuah dari tulang sapi yang sudah dimasak lebih dari 20 jam.

Baca Juga :  Ini Tanda-tanda Tubuh Kurang Nutrisi, Tak Perlu Repot Hitung Asupan Kalori

Untuk memastikan asupan makanan terhindar dari kandungan MSG, Mia Maria menyarankan pilih makanan yang belum diproses. Sebab, dia melanjutkan, makanan yang sudah diproses di pabrik pasti memiliki bahan tambahan.

“Makanan yang sudah diproses sudah kehilangan banyak nutrisi alaminya,”ucap dia. Karena itu, sebaiknya buat cita rasa yang sama lezatnya dengan makanan instan, namun menggunakan bahan-bahan yang jauh lebih sehat.

Baca Juga :  Teh dan Kopi Tidak Disarankan untuk Berbuka Puasa, Ini Alasannya

www.tempo.co

Loading...