JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Program TMMD Sengkuyung I Resmi Dibuka di Salah Satu Desa Terpencil Sragen. Sasarannya Cor Jalan 1.200 Meter Jalan di Banyurip 

Pembukaan TMMD Sengkuyung I di Banyurip, Jenar. Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Pembukaan TMMD Sengkuyung I di Banyurip, Jenar. Foto/Wardoyo

SRAGEN,JOGLOSEMARNEWS.COM Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2019  di wilayah  Kodim 0725/Sragen resmi dibuka Selasa (26/2/2019). Program TMMD yang dipusatkan di Desa Banyurip, Jenar itu dibuka dengan upacara yang dipimpin Wabup Deddy Endriyatno sebagai Irup.

Upacara dihadiri Dandim Letkol Kav Luluk Setyanto, AKP Agung Ari Purnowo dari Polres Sragen dan jajaran Forkompida.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Tengah yang dibacakan oleh Wabup, disampaikan TMMD adalah bagian dari cara k merawat dan megikat kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi Persoalan-persolan kebangsaan, sinergitas dan kemanungalan TNI dengan rakyat.

Data BPS perbulan September 2018 mencatat jumlah penduduk mikskin Jateng sebesar 3,87 juta orang (11,19%). Mayoritas berada dipedasaan yakni sebanyak 215 juta orang.

Baca Juga :  Innalillahi, Sehari Ini 3 Warga Sragen Suspek Covid-19 Kembali Meninggal Dunia. Total Sudah 33 Warga Meninggal Dunia, 93 Kasus Positif

Untuk itu, pemerintah terus memfokuskan program penangulangan kemiskinan di pedesaan dengan prinsip keroyokan melalui pendekatan holistik-integratif- tematik dan spasial.

“Melalui TMMD ini mari kita gelorakan lagi semangat kolektivitas serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat yang ada. Mari kita bangun sarana prasarana, fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat desa. Tidak hanya itu program TMMD  juga harus diarahkan untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatkan kesehatan lingkungan dan memantabkan kerukunan antar umat beragama dalam rangka mencegah terjadinya konflik sara,radikalisme,terorisame dan intoleransi,” ujarnya.

Sementara, Dandim menyampaikan TMMD Sengkuyung I akan digelar selama 30 hari TMT 26 Pebruari s/d 27 Maret 2019. Untuk sasaran pokok meliputi cor jalan sepanjang 1.201 M lebar 2,2 M tebal 12 cm, RTLH dari UPTPK Sragen 5 Unit, dari Baznas 1 Unit,PDAM Sragen 1 Unit , Jamban sehat dari PMI Sragen 5 Unit, BKK Karangmalang 3 Unit dan PD Percetakan Sragen 1 Unit,Sragen Treding 1 Unit, SPBU 1 Unit.

Baca Juga :  Enam Personel Kodim Sragen Masuki Masa Pensiun, Lima Personel Datang Bergabung

Setelah upacara selesai dilanjutkan  penyerahan secara simbolis bantuan RTLH dan jamban sehat. Kemudian dilanjutkan meninjau lokasi pembuatan cor jalan dan RTLH di Dusun Doro RT 24, Desa Banyurip, Jenar.

“Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dulu dikenal dengan ABRI masuk desa adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI,” ujar Dandim.  Wardoyo