JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sekretaris Disdikbud Sragen Serukan Ortu dan Guru Beri Ruang Kreatif Anak Sejak Dini. Ternyata, Ini Alasannya! 

Sekretaris Disdikbud Sragen, Firdaus saat memberikan sambutan. Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Sekretaris Disdikbud Sragen, Firdaus saat memberikan sambutan. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM  Dinas Pendidikan Sragen mendorong sekolah dan orangtua untuk menggerakkan kegiatan kreativitas anak sejak dini. Pasalnya, jiwa kreativitas dinilai memegang peranan penting terhadap perkembangan anak ke depannya.

Penegasan itu disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Sragen, Firdaus saat memberikan sambutan di acara lomba kreativitas anak tingkat KB dan TK yang digelar di KB Lentera Hati Gemolong, Sabtu (16/2/2019).

Dalam sambutannya, Firdaus mengatakan kreativitas sangat penting lantaran akan membuat manusia lebih produktif. Selain itu, kreativitas juga dapat meningkatkan kualitas hidup serta  mempermudah mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan.

“Mengapa kreativitas tersebut harus dikembangkan atau dipupuk sejak dini? Jawabnya karena dalam usia tersebut akan lebih mudah untuk merangsang atau menstimulasi menggiatkan kreativitas. Caranya dengan memberikan materi yang sesuai dengan level perkembangan anak,” kata Sekdin.

Baca Juga :  Panitera Meninggal Terpapar Covid-19, Sidang Tuntutan 3 Terdakwa Korupsi RSUD Sragen Rp 2,017 Miliar Terpaksa Ditunda. Jaksa Berharap Sidang Bisa Digelar Via Daring

Lebih lanjut, ia menyampaikan Disdikbud Sragen mengapresiasi tinggi atas penyelenggarakan lomba kreativitas anak – anak TK  yang diselenggarakan KB Lentera Hati Gemolong. Sebab agenda seperti itu sangat positif sebagai ajang pengembangan kreativitas anak usia dini.

“Ada beberapa nilai penting kreativitas dalam kehidupan secara nyata. Di antaranya adanya  kemampuan untuk melahirkan, menciptakan, menghasilkan sesuatu yang baru yang berupa pikiran maupun karya nyata dalam mengerjakan persoalan hidup bagi orang kreatif. Dengan kreatifnya seseorang dapat melakukan pendekatan secara bervariasi dan memiliki bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu persoalan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kades Positif Covid-19, Semua Warga Tegaldowo Gemolong Yang Kontak Erat Setelah Tanggal 20 Juli Diminta Segera Lapor dan Isolasi Mandiri!

Firdaus menambahkan dari potensi kreatifnya, tingkat kualitas dari kinerja, karya, gagasan, dan perbuatan manusia dapat diantisipasi dari sejauh mana seseorang memiliki tingkat kreativitas tertentu.

Lantas, suatu karya kreatif sebagai hasil kreativitas seseorang dapat menimbulkan kepuasan pribadi yang tak terhingga nilainya. Dengan kreativitas tinggi yang dimilikinya, maka seseorang akan mempunyai pengembangan diri secara optimal.

“Khususnya kepada orang tua dan para pendidik anak usia dini, kami berharap benar-benar dapat memahami pentingnya kreativitas. Ini dalam kaitannya dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik dan pengajar dalam membimbing dan mengantarkan anak didik kepada pertumbuhan dan perkembangan prestasinya secara optimal,” pungkasnya. Wardoyo