JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

40 Grup Ramaikan Festival Rebana Piala Walikota 2019

Istimewa
Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Festival Rebana, merupakan sebuah ajang kreativitas shalawat nabi, ajang seni budaya, serta dakwah Islami, yang dikemas lewat pentas musik rebana dari berbagai macam kelompok di Soloraya maupun daerah lain.

Seperti Festival Rebana Piala Walikota Surakarta 2019 yang merupakan event tahunan dan tahun ini memasuki tahun yang ke 2 diadakan oleh Radio Metta FM kerjasama dengan Yayasan Darul Hidayah setelah kesuksesan di tahun 2017, yang saat itu diikuti kurang lebih 50 peserta, dari Solo Raya hingga luar kota Solo.

Dalam Festival Rebana Piala Walikota 2019 kali ini, Selain sebagai kegiatan syiar Islam juga sebagai kegiatan pembuka agenda tahunan Yayasan Daarul Hidayah Sukoharjo, kegiatan ini juga merupakan wadah bagi siswa siswa SD hingga Mahasiswa ataupun Umum selain untuk belajar secara akademis juga dapat menuangkan bakat dan kreatifitasnya dan sebagai sarana berorganisasi dan mengapresiasikan seni & budaya.

Baca Juga :  Puluhan Warga Terjaring Razia Masker, Langsung Dihukum Bersihkan Sungai Toklo Keprabon Solo

Sumartono Hadinoto dari Radio Metta FM menyebutkan, Festival ini menjadi ajang Syiar agama yang berdampak luas, dengan lokasi yang strategis sekaligus memperkenalkan Yayasan Daarul Hidayah dan Radio Metta FM di Masyarakat.

“Festival ini di mulai dengan Babak Penyisihan pada hari Sabtu 22 Januari 2019 di Yayasan Daarul Hidayah di ikuti sebanyak 40 grup. Pada Babak Penyisihan ini peserta menyanyikan 1 lagu wajib dan 1 lagu bebas. Dari 40 grup di Babak Penyisihan disaring 15 grup yang berlaga pada final hari Kamis (7/3/2019), di Atrium The Park Mall. 15 grup ini memperebutkan hadial total 5 juta dan Piala Walikota Surakarta,” urainya.

Baca Juga :  Juara Lomba Menulis Ditantang Walikota Solo, Disediakan Hadiah Laptop

Sementara itu, Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mempersatukan bangsa.

“Dan festibal rebana yang kedua ini semakin meningkat baik dari segi peserta dan kualitas. Semoga dalam syiar Islam selalu mendapat ridho dari Tuhan Yang Maha Esa dan dimudahkan dalam menjalankan tugas syiar agama,” urainya. Triawati PP