JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Bank Karanganyar Gelar Workshop APU PPT

suharno
Dok Suharno
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – PD BPR Bank Karanganyar menggelar workshop penerapan APU PPT dan Penilaian Profil Nasabah, bertempat di Jawa Dwipa Hotel, Karangpandan, Karanganyar, Sabtu (23/3/2019).

Workshop digelar dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan penerapan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT).

Workshop yang diikuti oleh 109 peserta dari seluruh jajaran Bank Karanganyar tersebut dibuka oleh Direktur Utama, Wisnu Wardana, SE, MM.

Wisnu Wardana dalam sambutannya berharap seluruh jajaran mulai dari Dewan Pengawas, Direksi, Pimpinan Cabang dan Kantor Kas, Pejabat Eksekutif dan karyawan memahami dan mampu menerapkan program APU PPT sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Baca Juga :  Mendadak Pindah dari Penggali Tanah ke Pendorong Angkong, Triyanto Selamat dari Musibah Longsor Kemuning

Tampil sebagai fasilitator workshop, Direktur Amalia Consulting, Drs. Suharno, MM, MIPR, CA, CPC, Ak. Dalam paparannya, Suharno menjelaskan, pencucian uang merupakan tindakan menyembunyikan atau menyamarkan harta yang berasal dari tindak kejahatan yang ditempatkan di lembaga keuangan, khususnya perbankan.

“Setelah dana ditempatkan, ditransfer ke berbagai rekening di berbagai bank. Kemudian dicairkan dibelikan berbagai aset,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dalam rilis yang dikirim ke Joglosemarnews.

Sedangkan, lanjut Suharno, pendanaan terorisme bisa dilakukan melalui orang yang tidak memiliki rekening di bank, menyetorkan dana ke rekening salah satu nasabah. Kemudian dana digunakan untuk kegiatan teror.

Baca Juga :  Detik-detik Longsor Maut di Kemuning Ngargoyoso. Terjadi Saat 4 Pekerja Bangun Talut di Tebing 8 Meter, Saat Pasang Cakar Ayam Tiba-Tiba...

“Tidak hanya itu, modus yang dilakukan bisa juga meminjam dana dari bank, namun peruntukannya untuk kegiatan terorisme,” tambahnya.

Karena itu Suharno mewanti-wanti seluruh pengurus, pimpinan  dan karyawan Bank Karanganyar mewaspadai dan mengantisipasi terkait dengan pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Workshop ditutup oleh Direktur Fungsi Kepatuhan, Deni Susila, SH. Dalam kata penutupnya, Deni menegaskan agar peserta mengenali dengan baik profil calon nasabah maupun nasabah agar tidak terjadi praktik pencucian uang dan pendanaan terorisme di Bank Karanganyar. Suhamdani