JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Dari Kentongan Hingga Karung Pasir, Ini Peralatan yang Harus Ada Pada Poskamling

Lomba poskamling di Bulukerto Wonogiri.
Lomba poskamling di Bulukerto Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Tak hanya kentongan, karung pasir pun mesti ada dan tersedia pada poskamling. Hal tersebut sebagai upaya antisipasi ketika terjadi bencana.

Fakta tersebut terungkap saat tim menyambangi poskamling RT 4 RW 1 Dusun Sembung, Desa Sugihan Kecamatan Bulukerto, yang maju lomba lomba Poskamling tingkat Polres Wonogiri.

Danramil Bulukerto, Kapten Arm Agus Setyono, Sabtu (9/3/2019), mengatakan, lomba poskamling ini bukan semata-mata mencari atau membandingkan megahnya bangunan. Namun perlu diketahui bagi warga bahwa pos kamling adalah sarana untuk menjaga keamanan lingkungan dari gangguan keamanan.

Baca Juga :  Tak Hanya Siang, Razia Masker di Kecamatan Nguntoronadi dan Purwantoro Wonogiri Digelar Malam Hari

“Poskamling perlu dilengkapi dengan sarana prasarana seperti kentongan itu syarat utama. Juga alat seperti gantol, gepyok, karung goni dan pasir guna penanganan pertama bila terjadi kebakaran,” kata dia.

Ketua tim penilai lomba dari Polres Wonogiri, Iptu Hartoyo mengatakan, bukan masalah untuk mendapatkan juara. Tetapi yang terpenting dampak diadakannya lomba poskamling, yakni menjadi ajang silaturahmi dan bertambahnya kerukunan warga. Aris Arianto