JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Didominasi Wajah Baru, 145 Kades Terpilih Karanganyar Resmi Dilantik. Bupati Ingatkan Sudah Banyak Kades Tersangkut Hukum!

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat melantik 145 Kades terpilih Kamis (21/3/2019). Foto/Wardoyo
Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat melantik 145 Kades terpilih Kamis (21/3/2019). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 145 kepala desa terpilih hasil Pilkades Serentak Karanganyar, resmi dilantik Kamis (21/3/2019). Mereka dilantik oleh bupati di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Para kepala desa itu dilantik untuk masa jabatan enam tahun periode masa bhakti 2019-2025.

Dalam sambutannya, Bupati Juliyatmono berpesan amanah masyarakat wajib diwujudkan dengan kerja nyata. Selain itu keterbukaan informasi dan tranparansi menjadi pedoman mutlak, untuk mewujudkan pemerintahan yang dipercaya oleh masyarakatnya.

“Kudu dowo ususe, tidak mudah marah namun tetap harus tegas. Sebagai wakil rakyat (desa) jaga tutur kata dan hati-hati. Manusia dibekali akal untuk berfikir mencari solusi tiap masalah, jangan justru jadi masalah. Maka jadi pemimpin harus punya ide dan gagasan, karena yang dihargai itu gagasan,” papar Juliyatmono, kepada wartawan Kamis (21/3/2019).

Baca Juga :  Lagi Miskin Anggaran, Nasib Pembangunan Gedung Teater Karanganyar Sebesar Rp 7 Miliar Terpaksa Harus Dipending Dulu

Selain itu mereka yang terpilih tetap  menjunjung tinggi moralitas, harus serius dan sesuai aturan dalam pengelolaan dana desa, juga anggaran dana desa, dan sumber keuangan lainnya.

“Karena sudah banyak perkara penyelewengan yang berujung ke kasus hukum,” urainya.

Ditambahkan Juliyatmono, sebagian besar kepada desa yang dilantik adalah ‘muka baru’, meski ada juga beberapa yang masih menjabat lagi. Pelatihan diberikan agar kepala desa yang masih baru dan belum begitu memahami aturan dan perundangan itu bisa lebih memahami tata kelola penggunaan dana desa.

Baca Juga :  Kebakaran Hebat Landa Gudang Kayu di Tasikmadu Karanganyar. Tumpukan Material Kayu Ludes Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

Nanti awal bulan April akan di selenggarakan program untuk workshop, pelatihan teknik bagiamana cara mengelola dana desa, alokasi dana desa dan bagaiman prosedurnya. Apa yang harus diketahui oleh kepala desa akan dipaparkan dalam bintek.

“Para kepala desa harus belajar cepat, karena itu harus direalisasi cepat di desanya masing-masing,” pungkasnya. Wardoyo