JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Digelontor Rp 6 Miliar, Seluruh SMP di Karanganyar Siap Gelar UNBK. Berikut Jadwal Lengkap UNBK SMP dan SMA/K 2019!

Ilustrasi UN. Foto/Tribunnews
Ilustrasi UN SMP. Foto/Tribunnews

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Seluruh Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SLTP) di Karanganyar, akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Tarsa.

Kepada wartawan usai gelar doa bersama menjelang UN, Kamis (21/03/2019) malam, Tarsa mengatakan pada tahun 2018, hanya sebagian sekolah yang melaksanakan UNBK. Pada tahun ini, Disdikbud Karanganyar telah menyiapkan anggaran Rp 6 miliar agar seluruh sekolah dapat melaksanakan UNBK.

Baca Juga :  Resmi Dilaunching, Burung Derkuku Jadi Logo Baru Kesebelasan Persika Karanganyar. Bupati Berharap Jadi Momentum Kebangkitan, Siapkan Skuad Masuk ke Liga 3 PSSI

Anggaran tersebut akan diberikan kepada sekolah yang berada jauh dari perkotaan.

“ Untuk menghadapi UN, seluruhnya sudah kita siapkan.  Termasuk persiapan teknis lainnya seperti server dan masalah listrik. Masing-masing sekolah sudah disiapkan 2 server dan sudah dilakukan uji coba. Seluruhnya berjalan lancar, sehingga kasus putusnya aliran listrik yang terjadi tahun lalu, tidak terulang kembali,” kata Tarsa.

Dijelaskannya, untuk UN tahun 2019 tingkat SMP, akan diikuti sebanyak 10.900 siswa  yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 April sampai 24 April 2019.

Baca Juga :  Tak Main-Main, Polres Karanganyar Sikat 110 Motor Pakai Knalpot Brong Nan Meresahkan. Awas, Kapolres Sebut 16 Motor Mencurigakan dan Diduga Terkait Kejahatan!

Sedangkan untuk tingkat sekolah dasar (SD) akan diikuti sebanyak 12.000 siswa.

Sedangkan mengenai UN tingkat SMK, SMA menurut Tarsa akan dimulai pada tanggal 25 April 2019 sampai 28 April 2019. Saat ini, seluruhnya sudah menjadi kewenangan Provinsi Jawa Tengah.

“ Kalau UN tingkat SMK, SMA, seluruhnya sudah menjadi kewenangan Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya. Wardoyo