JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Jalur KA Prameks Akan Diperpanjang Hingga Stasiun Palur

dok
dok

 SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Jalur Kereta Api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks) akan diperpanjang hingga Stasiun Palur, Karanganyar. Rencana tersebut mencuat menyusul dibukanya jalur ganda mukai dari Stasiun Jebres hingga Stasiun Kedung Banteng, Banyumas.

PPK Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Jawa Tengah Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Arief Sudyatmoko mengutarakan, penambahan layanan KA mungkin dilakukan pasca beroperasinya jalur ganda, termasuk nantinya memperpanjang jalur Prambanan Ekspres (Prameks) hingga Palur.

“Untuk wilayah Solo selama ini Prameks hanya dilayani dari Stasiun Balapan dan Purwosari saja. Dan kemungkinan dalam waktu dekat kami akan memperpanjang jalur Prameks hingga palur,” ujarnya saat melakukan kunjungan di stasiun Balapan Solo Kamis (28/2/2019).

Baca Juga :  Beredar Kabar Gerakan Hitamkan Solo,  Ketua PSHT Solo: Kami Imbau Sedulur Agar Tidak Turun ke Jalan dan Warga PSHT di luar Solo Tak Perlu Datang ke Solo

Melalui perpanjangan jalur Prameks tersebut, lanjut Arief, diharapkan PT KAI bisa melayani masyarakat dari wilayah Karanganyar dengan optimal.

“Penumpang di wilayah timur bisa naik Prameks dari stasiun yang baru dibangun KAI ini. Dan layanan di stasiun Palur juga sudah lengkap seperti stasiun lainnya. Saat ini pembangunan sudah mencapai 90 persen,” imbuhnya.

Baca Juga :  Aparat Gabungan Amankan Beberapa Pemuda di Kawasan Plasa Manahan, Ada yang Bawa Kaos dan KTA PSHT

Perpanjangan layanan Prameks ini menjadi salah satu dari banyak kemudahan yang didapat dengan penambahan jalur ganda yang dibangun PT KAI dengan tidak menutup kemungkinan untuk mengaktifkan kembali jalur Madiun Ekspres.

“Dengan adanya double track ini kami pastikan bisa menambah kapasitas. Kami akan mengkaji lebih jauh apakah perlu penambahan kereta lagi. Kalaupun ada kemungkinan tahun 2020 atau 2021. Apalagi sebentar lagi juga ada LAA (Listrik Aliran Atas, red),” terangnya. Triawati PP