JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

KPU Solo Coret 5 WNA dari DPT Pemilu 2019

Ilustrasi

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mencoret lima nama dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. Pasalnya, kelima nama tersebut merupakan Warga Negara Asing (WNA) dimana pencoretan namanya sesuai dengan UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017.

Identitas kelima WNA tersebut yaitu Nancy Peralta Lubian; Ngo Keh Diong; Jefre Januar; Amanda Lynn Rahmadi; dan Pho Thi Thuy Giang. Temuan WNA masuk DPT terjadi saat melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) secara benar dan sungguh-sungguh di 54 kelurahan di Kota Solo.

Baca Juga :  Konvoi Motor Dikeluhkan Masyarakat, Mulai Malam ini Polresta Solo Gencarkan Tiada Hari Tanpa Razia

Divisi Bidang Perencanaan Data dan Informasi KPU Solo, Kajad Pamuji Joko W mengungkapkan, selain melakukan pencoretan, KPU Solo juga memberikan kode 60 (bukan warga setempat) serta memberi keterangan tidak memenuhi syarat (TMS) ) pada data DPT KPU Pemilu. Tanda keterangan tersebut penting sebagai penanda mereka tak bisa menyoblos pada tanggal 17 April.

“Karena WNA tidak memenuhi syarat sebagai pemilih karena syarat pemilih adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Temuan lima WNA masuk DPT ini juga sudah kami laporkan ke KPU pusat serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solo. WNA ini diketahui juga tidak menjadi kepala rumah tangga dalam KK (kartu keluarga). Mereka KK-nya ikut saudaranya yang sudah pindah kenegaraan menjadi WNI,” ujarnya, Jumat (15/3/2019).

Baca Juga :  Partai Gelora Dukung Gibran dan Bobby di Pilkada 2020, Anis Matta: Dinamika di Daerah

Sementara itu, Komisioner Devisi Sengketa Bawaslu Solo, Arif Nuryanto menambahkan, pihaknya telah mengajukan permohonan kepada KPU Solo untuk kembali melakukan cek dan ricek DPT.

“Sebelumnya kami menemukan dua WNA, sekarang menjadi lima. Untuk itu kami meminta KPU untuk melakukan pengecekan (DPT) kembali siapa tahu ada temuan lagi,” paparnya. Triawati PP