JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Penting! Pendaftaran Mudik Motor Gratis Dibuka Hingga 25 Mei, Kuotanya 18.096 Sepeda Motor. Ini Tempat Pendaftarannya

Mudik gratis. Foto/Tempo.co
   
Mudik gratis. Foto/Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Seperti tahun-tahun sebelumnya, di Tahun 2019 ini pemerintah kembali mengadakan program mudik motor gratis.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membuka pendaftaran angkutan motor gratis (Motis) untuk mudik 2019 mulai 12 Maret hingga 25 Mei 2019.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Zulmafendi mengatakan, kuota angkutan Motis kali ini disediakan untuk 18.096 sepeda motor. Kuota ini sama dengan yang disediakan Kementerian Perhubungan pada tahun lalu.

Kepada wartawan, Zulmafendi mengatakan pendaftaran disediakan dalam beberapa bentuk. Pertama, pendaftaran online. Peserta motis dapat mendaftar secara online melalui laman resmi Kementerian Perhubungan.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

“Bisa melalui mudikgratis.dephub.go.id atau mendaftar langsung di stasiun-stasiun yang telah ditunjuk,” kata Zulmafendi saat konferensi pers Angkutan Motis di kantor Kementerian Perhubungan pada Kamis sore, 14 Maret 2019.

Stasiun yang melayani pendaftaran Motis di antaranya Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, dan Stasiun Kiaracondong. Pendaftaran ini khusus dibuka untuk periode 12 Maret hingga 13 Mei 2019.

Peserta yang mendaftar di stasiun-stasiun tersebut akan memperoleh fasilitas kemudahan pemesanan tiket kereta api untuk maksimal dua penumpang. Harga yang ditawarkan sama dengan harga normal sesuai dengan stasiun tujuan penumpang.

Baca Juga :  NasDem Mulai Bermanuver, PKS Tak Mau Bertemu Prabowo Sebelum Ada Ketetapan MK

Selain itu, pemudik juga bisa mendaftarkan angkutan Motis di Stasiun Depok Baru dan Stasiun Tangerang pada periode 14 – 25 Mei 2019. Namun, di stasiun ini peserta tidak difasilitasi pemesanan tiket.

Adapun untuk arus balik, pemudik dapat mendaftar angkutan Motis mulai 28 April hingga 12 Juni di stasiun-stasiun persinggahan kereta api di daerah.

Zulmafendi menjelaskan, angkutan Motis akan mulai efektif berjalan pada 27 Mei hingga 2 Juni untuk perjalanan mudik. Sedangkan periode balik ditetapkan pada 8 Juni hingga 13 Juni 2019.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com