JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

USB Kirim 720 Mahasiswa Ikuti Program Overseas Stadium Generale ke Singapura

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Universitas Setia Budi (USB) Surakarta mengirimkan 720 mahasiswanya mengikuti Program Overseas Stadium Generale ke Singapura. Studi visit mahasiswa tersebut diharapkan menjadi pembelajaran tentang budaya, selain materi kuliah yang up to date dan menambah pengalaman.

Wakil Rektor III USB Surakarta, Narimo mengungkapkan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat negara menjadi tanpa batas, sehingga mahasiswa harus terus belajar untuk dapat bersaing di pasar global.

“Untuk itu, sejak tahun 2011 kami telah merintis untuk Goes to International dengan mengirim dosen belajar ke berbagai negara, dan mulai tahun 2013, dikirim pula mahasiswa ke Singapura untuk mengikuti Kuliah Umum atau overseas Stadium Generale dalam program, study visit di sejumlah Universitas ternama di Singapura,” urainya, Kamis (21/3/2019).

Baca Juga :  Putra Sulung dan Menantu Presiden Jokowi Maju Pilkada Serentak 2020, Ini Perbandingan Harta Kekayaan Gibran dan Bobby, Tajir Siapa?

Untuk program yang sama tahun 2019, lanjut Narimo, sebanyak 720 mahasiswa baik Program Diploma III, Diploma IV, dan Strata 1 juga dikirim ke Singapura untuk mengikuti Kuliah Umum di Product and Standart Board Academy City Campus Singapore, dengan topik menyongsong Era revolusi Industri ke-4.

“Harapannya melalui kuliah umum di Singapura, mahasiswa mendapatkan materi yang up to date. Terkait merokok, permen karet, disana ketat sekali, dendanya bisa puluhan juta, ini menjadi suatu pembelajaran yang baik tentang budaya, karena untuk merubah budaya itu khan butuh waktu yang lama, sehingga ini menjadi suatu pengalaman yang bermanfaat, sehingga dari sisi kuliah mereka juga mendapat materi yang up to date,” imbuhnya.

Baca Juga :  Berkait Fenomena Balap Lari Liar, Kasatlantas Polresta Solo Tegaskan Jalan Raya untuk Kendaraan Bermotor

Di sisi lain, melalui program 2 hari tersebut mahasiswa juga mendapatkan informasi tentang sistem perkuliahan di Singapura, beasiswa, biaya hidup, dan lainnya. Pada kegiatan yang tidak dipungut biaya tersebut, 720 mahasiswa USB diberangkatkan menggunakan carter pesawat Garuda Air Bus melalui bandara Adisumarmo dan terbagi dalam 2 kelompok terbang yang berangkat pada 22- 23 Maret 2019 dan 29 -30 Maret 2019. Hingga tahap ke-10, USB Surakarta telah mengirimkan mahasiswa Overseas Stadium Generale ke Singapura sebanyak 2704 mahasiswa. Triawati PP