JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Semarang

19.016 Kecelakaan Terjadi di Jateng, Kapolda Minta Pelanggaran Fatal Ditindak Hukum! 

Kapolda Jateng saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Candi 2019. Foto/Humas Polda
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Kapolda Jateng saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Candi 2019. Foto/Humas Polda

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono memimpin apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2019 di Halaman Mapolda Jateng Semarang, Senin (29/4/2019).

Apel gelar pasukan ini diikuti oleh seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2019, serta dihadiri oleh stakeholder terkait serta Pejabat Utama Polda Jateng.

Operasi yang digelar serentak di seluruh Indonesia mulai tanggal 29 April hingga tanggal 12 Mei 2019 selama 14 hari.

Baca Juga :  Alhamdulillah, Meski Terpapar Covid-19 Kondisi Sekda Grobogan dalam Keadaan Baik dan Biasa Saja

Dalam amanatnya, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menyampaikan kejadian kecelakaan tahun 2017 sebanyak 17.527 kejadian. Sedangkan tahun 2018 terjadi 19.016 kejadian.

“Kecelakaan lalu lintas tahun 2017 dibandingkan tahun 2018 ada kenaikan 8 %. Masalah lalu lintas tidak semata ditangani oleh Polri saja, namun butuh kerjasama dengan pemerintah daerah serta pihak lain,” papar Kapolda dilansir Tribratanews Polda Jateng.

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2019 ini mengedepankan tindakan yang simpatik. Yakni berupa kegiatan preemtif maupun preventif kecuali pelanggaran yang fatal seperti melawan arus ataupun pelanggaran yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan lainnya.

Baca Juga :  Dinilai Abaikan Protokol Kesehatan, Bupati Brebes Dapat Peringatan Keras dari Ganjar

“Jika pelanggaran yang fatal tentunya akan dilakukan penegakan hukum, namun tetap mengedepankan tindakan yang simpatik,” ungkap Kapolda.

Dengan digelarnya Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2019 ini diharapkan dapat menurunkan angka kecelakaan dan meningkatkan kesadaran berlalu lintas menjelang puasa dan lebaran 2019. Wardoyo