JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Akhir April Bandara NYIA Siap Diuji Coba

bandara Kulonprogo
Ilustrasi
bandara Kulonprogo
Ilustrasi

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA)  bakal menjalani uji coba minimum operasional akhir April 2019.

Demikian penjadwalan yang telah dilakukan oleh  PT Angkasa Pura (AP) I.

“Insya Allah tanggal 29 April 2019 kami sudah bisa mengadakan inagurasi (peresmian operasional bandara), tentu dengan terpenuhinya verifikasi seluruh parameter baik dari Kementerian Perhubungan dan lainnya,” ujar juru bicara proyek Bandara Kulon Progo, Agus Pandu Purnama, Senin (15/4/2019).

Baca Juga :  Ini 14 Tuntutan Buruh yang Akan Disuarakan dalam Aksi Demo 21 Mei 2022

Untuk persiapan operasional minimum bandara yang kerap disebut New Yogyakarta Internasional Airport itu, PT Angkasa Pura I mulai mengumpulkan berbagai stakeholder yang menjadi bagian Airport Emergency Commitee dan Airport Security Commitee.

Mereka dikumpulkan untuk mengikuti Table Top Exercise atau semacam latihan kedaruratan.

Sebanyak 200 perwakilan berbagai instansi seperti kepolisian, TNI, pemerintah daerah, puskesmas, rumah sakit di sekitar bandara, bea cukai, balai karantina, pimpinan maskapai hingga Basarnas mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan bertajuk airport emergency planning itu.

Baca Juga :  Diburu Densus, 5 WNI Disinyalir Jadi Fasilitator Keuangan ISIS di Indonesia, Turki dan Suriah

Selanjutnya, pada tanggal 22 April 2019 mendatang akan dilakukan pertemuan lagi dengan seluruh pihak maskapai penerbangan atau airline untuk mengikuti kegiatan Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA).

Dalam kegiatan itu pihak maskapai akan diminta melakukan assesment bandar terkait akses keselamatan dan keamanan penerbangan yang akan disediakan maskapainya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua