loading...
Loading...
Aqua Dwipayana (berdiri berpeci) saat mendengarkan salah seorang peserta sharing komunikasi sedang mengajukan pertanyaan, dalam forum Sahring Komunikasi di KJRI Jeddah, pertengahan April lalu. Foto : Dok

SOLO-Komunikasi yang baik adalah senjata paling ampuh untuk memberikan pelayanan prima. Karena itulah mereka yang berkecimpung dalam pelayanan kepada masyarakat, hendaknya bisa meningkatkan kualitas berkomunikasi kepada orang lain.

Demikian disampaikan pakar komunikasi Dr. Aqua Dwipayana saat memberikan materi sharing komunikasi dengan jajaran Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah, Arab Saudi, 10-11 April lalu di Jeddah. Secara khusus Aqua Dwipayana diminta untuk memberikan motivasi terkait bidang komunikasi kepada jajaran pegawai di KJRI Jeddah.

“Kemampuan komunikasi itu juga bisa dipelajari siapa saja. Setiap orang bisa mempelajari dan mendalami komunikasi secara otodidak. Tidak harus kuliah di jurusan dan fakultas Ilmu Komunikasi seperti saya hingga S3. Terpenting selalu menggunakan hati dan berhati-hati setiap berkomunikasi dengan siapapun juga,” tegas Aqua, doktor dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung ini.

Selain mengisi materi motivasi komunikasi,  Aqua juga beraudiensi dengan Konsul Jenderal RI di Jeddah Dr. Mohamad Hery Saripudin. Tak hanya kepada jajaran pegawai KJRI, Aqua juga memberikan materi kepada pengelola Sekolah Indonesia di Jeddah. Pesertanya ratusan orang.

Baca Juga :  Videonya Viral Saat Tolak Uang Suap  Tilang, 2 Polisi di Solo Dapat Penghargaan Khusus dari Kapolresta

Dalam sambutannya, Hery yang diplomat karir ini menyampaikan rasa syukur dan kegembiraannya atas kehadiran Aqua di KJRI Jeddah serta kesediaan untuk sharing komunikasi dan motivasi dengan jajarannya.  “Pak Aqua pakar komunikasi dan motivator handal yang sudah memberikan motivasi kepada ratusan ribu orang di seluruh Indonesia dan puluhan negara. Juga penulis buku super best seller The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi. Saya sudah membaca bukunya dan bagus sekali. Maka kita minta memotivasi staf di KJRI Jeddah,” ungkap Hery.

Menurut Hery di saat KJRI Jeddah yang dipimpinnya sedang giat-giatnya meningkatkan pelayanan baik kepada para warga negara Indonesia (WNI) maupun warga negara asing (WNA) maka ketrampilan berkomunikasi dengan semua pihak sangat diperlukan. Itu merupakan kunci sukses dalam memberikan layanan prima.

“Terkait dengan upaya peningkatan kemampuan komunikasi sangat penting buat kita semua terutama yang bergerak di sektor palayanan public,” katanya dalam siaran pers yang diterima Joglosemarnews, kemarin.

Aqua menambahkan, sering kali persoalan komunikasi menjadi hal yang tidak dihiraukan oleh seseorang. Padahal hal itu memegang peranan yang sangat penting dalam membangun interaksi dengan orang lain.

Baca Juga :  PPDB Siswa Gakin Tidak Lagi Gunakan SKTM

Aqua juga memberikan motivasi kepada TKI yang dirundung masalah di Jeddah. Seperti diketahui, KJRI Jeddah mengelola shelter yang menampung banyak WNI, terutama ratusan tenaga kerja wanita (TKW) yang menghadapi masalah.

Aqua pun bersilaturahim dengan mereka dan memberikan motivasi. Mereka umumnya korban kedholiman para majikan, seperti gaji yang tidak dibayarkan selama bertahun-tahun.

Silaturahim berlangsung dalam suasana cair. Mereka sangat terbuka menyampaikan persoalan yang dihadapi dan harapan untuk segera kembali ke Tanah Air, hidup bersama keluarga. Para TKW yang beberapa di antara mereka telah bekerja Arab Saudi hingga belasan tahun itu sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Hery dan jajaran KJRI Jeddah, khususnya Atase Ketenagakerjaan, yang sangat responsif memberikan bantuan yang mereka perlukan, baik fasilitas penampungan maupun mediasi untuk memperjuangkan hak gaji yang belum dibayarkan.

Pada Kamis (11/4/2019) sore, Aqua juga sempat bersilaturahim serta sharing komunikasi dan motivasi dengan jajaran guru dan staf Sekolah Indonesia Jeddah. Sekolah yang dipimpin Sugiono itu memiliki 39 tenaga pengajar dengan total siswa 1.058 orang mulai dari Taman Kanak-Kanak sampai Sekolah Menengah Atas.

Baca Juga :  Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Kota Solo Apresiasi Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu Sudah Berjalan Jujur dan Transparan. Semua Saksi Tandatangani Hasil Pleno

Di sekolah yang beroperasi sejak 1 Januari 1964 itu Aqua banyak memberikan tips mengajar yang efektif dan mengoptimalkan komunikasi dengan para siswa dan orangtuanya. Sehingga hasil pengajarannya bisa optimal dan bermanfaat secara maksimal ke semua anak didik.

“Untuk memudahkan berkomunikasi jadikanlah para siswa seperti anak sendiri. Dengan begitu mereka selalu merasa dekat dengan semua gurunya. Jangan ragu-ragu memberi apresiasi pada siswa yang berprestasi. Itu sekaligus untuk memotivasi siswa yang lain agar mengoptimalkan kemampuannya,” pungkas Aqua.(Syahirul)

 

Loading...