loading...
Loading...
Ilustrasi | joglosemarnews.com

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM– Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo menyiapkan Rp 5 triliun untuk kebutuhan Lebaran 2019. Jumlah tersebut meningkat 3% dari realisasi kebutuhan lebaran tahun sebelumnya.

Menurut Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) Kantor Perwakilan BI Solo, Bakti Artanta, KPwBI Solo menyiapkan estimasi kebutuhan uang periode Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 H sebesar Rp 5, 408 triliun.

“Meningkat 3% dari tahun 2018 dari Rp 5,233 triliun. KPwBI Solo melakjkan berbagai persiapan dalam rangka memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat baik dalam jumlah maupun jenis pecahan yang dibutuhkan masyarakat di wilayah kerja KPwBI Solo,” urainya, Senin (29/4/2019).

Baca Juga :  Toilet Kejujuran ala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Tumbuhkan Karakter Anti Korupsi

Terkait hal itu, KPwBI Solo juga telah berkoordinasi dengan Bank Umim, BPR/BPRS, PT Pegadaian dan PT Pos Indonesia agar dapat memberikan layanan penujaran uang kepada masyarakat dan stakeholder.

“Disediakan 150 loket layanan penukaran pecahan yang dibuka dengan memasang spanduk ” Melayani Penukaran Uang Baru”. Penukaran uang di Kota Solo sendiri dimulai tanggal 13 Mei 2019 sampai dengan 25 Mei 2019. Sedangkan untuk luar kota Solo dimulai tanggal 13 Mei 2019 hingga 29 Mei 2019. Jadwal penukaran setiap hari Selasa dan Kamis pada jam pelayanan yang ditetapkan. Sedangkan layanan penukaran uang melalui Kas Keliling di tempat pusat-pusat keramaian seperti terminal, stasiun dan bandara dilaksanakan tanggal 13 Mei 2019 hingga 16 Mei 2019,” terang Bakti.

Baca Juga :  Danskadik 405 Buka Lattis Susbamenjur Jasmil A-19 dan Susjurlata Jasmil A-4

Selain itu, KPwBI Solo juga melakukan layanan kas keliling untuk melayani penukaran di enam kantor Pemerintah Kabupaten di Soloraya pada tanggal 20 Mei 2019 hingga 23 Mei 2019. Dan sebagai puncaknya, KPwBI Solo bersama Bank Umum, BPR/BPRS, PT Pegadaian dan OT Pos Indonesia akan melakukan layanan bersama penukaran uang di Kota Solo yang dipusatkan di Beteng Bastenburg tanghal 27-29 Mei 2019.

Baca Juga :  Jadikan Wakaf Sebagai Gaya Hidup, Rumah Zakat Gelar Gelombang Wakaf

“KPwBI Solo juga akaan melakukan layanan Kas Keluling di Jalan Tol Solo Kertosono untuk melayani penukaran pemudik tepatnga di Rest Area Km 519 A dan km 519 B tanggal 30 Me| sampai dengan 1 Juni 2019. Masyarakat dapat menukarkan seluruh pecahan sesuai dengan kebutuhannya balk dalam pecahan yang sama maupun pecahan Iainnya. Pada prinsipnya KPw Bl Solo tdak melakukan pembatasan jumlah penukaran, namun pelaksanaannya perlu diatur agar terdapat pemerataan bagian masyarakat yang membutuhkan uang tunai tersebut,” tukas Bakti. Triawati PP

Loading...