loading...

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bangun tidur langsung menghirup aroma kopi tentu nikmat sekali. Seperi iklan-iklan di televisi.

Akan tetapi, bolehkah minum kopi saat perut masih dalam keadaan kosong? Bagaimana hal itu ditinjau dari sisi kesehatan?

Menurut Kepala Ahli Nutrisi Klinis, Rumah Sakit Apollo India Priyanka Rohtagi, meminum kopi hitam dalam keadaan perut kosong bisa menimbulkan dampak buruk pada kesehatan.

Kopi yang mengandung kafein menyebabkan produksi asam  lambung meningkat. Secara alami kopi juga mengandung asam. Asam ini mengikis lapisan lambung dan akhirnya membuat kita  mengalami gangguan pencernaan dan mulas.

“Tetapi jika kopi mengandung gula dan susu, mungkin tidak terlalu buruk dampaknya. Pastikan Anda mengkonsumsinya dalam jumlah terbatas,” kata dia, Sabtu (27/4/2019).

Baca Juga :  Masih Banyak yang Salah, Ini Tips Pakai dan Cuci Masker Kain dari BPOM

Ahli gizi itu menambahkan bahwa jika kita  menderita masalah asam lambung  dan gastritis, Anda bisa mengonsumsi biskuit gandum atau almond sebelum minum kopi di pagi hari.

Ia juga menyarankan wanita hamil atau sedang menjalani pengobatan tertentu, untuk menghindari asupan kafein di pagi hari.

Kopi juga menjadi pilihan banyak orang sebelum memulai sesi latihan atau olahraga. Ternyata, meminum kopi di waktu tersebut juga dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Priyankan mengatakan, kopi sebelum olahraga bisa menyebabkan dehidrasi.

Baca Juga :  Tingkatkan Imun Tubuh dengan Suplemen, Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Versi BPOM

Tetapi ternyata itu tidak berlaku untuk semua orang. Jika itu sudah menjadi kebiasaan sejak lama, dan tidak ada masalah yang muncul, kita dapat meneruskannya.

“Itu adalah pilihan personal. Sebagian orang merasa baik-baik saja dengan meminum kopi di pagi hari dalam keadaan perut kosong, tapi sebagian lagi tidak. Hal yang perlu diketahui adalah mengenal tubuh sendiri,” kata NBC Editor News Health and Nutrition NBC Madelyn Fernstrom kepada Today.com itu.

Jika gejalanya benar-benar terjadi, kopi sebaiknya dihindari. Kita bisa memilih kopi rendah asam atau makan sedikit dulu agar perut tidak benar-benar kosong.

www.tempo.co