loading...
Loading...
Istimewa

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM– Sebanyak 146 siswa kelas IV dan V SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo mengikuti program outing class di PT. Aditex Bangun Cipta, Klaten (28/3/2019). Perusahaan tersebut merupakan industri rumahan yang memproduksi handuk, washlap, dan kain ihram untuk kebutuhan jamaah haji. Di perusahaan tersebut siswa belajar tentang kegiatan ekonomi terkait terkait produksi, distribusi, dan konsumsi.

Siswa dibagi sebelas kelompok dan setiap siswa alan mendapatkan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) sebagai acuan mereka dalam melakukan kunjungan. Dalam kegiatan tersebut, setiap kelompok mendapatkan kesempatan untuk melakukan wawancara sekaligus melakukan pengamatan langsung proses produksi.

Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan outing class. Terbukti dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pihak perusahaan. Muhammad Afif Nurrahman, salah satu siswa kelas V tampak bersemangat mengajukan berbagai pertanyaan. “Siapa saja yang menjadi konsumen dari perusahaan ini?”, tanya Afif dengan semangat.

Baca Juga :  Kepala SDIT Nur Hidayah Juarai Best Practice 2019 Tingkat Provinsi Jateng

Pertanyaan tersebut dijawab dengan lugas oleh Niken, salah satu pemandu. “Konsumen perusahaan ini sebagian besar dari rumah sakit, hotel, dan konsumen perorangan yang memesan souvenir untuk kegiatan pesta”, jawabnya. Pertanyaan dari Afif tersebut diikui dengan pertanyaan-pertanyaan lain dar teman-temannya. Pemandu degan sabar menjawab satu-persatu pertanyaan tersebut.

Nikmah Hidayati, salah satu guru kelas IV yang ikut mendampingi outing class menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pembelajaran tematik Kurikulum 2013. “Pembelajaran di luar kelas seperti ini untuk memberikan penguatan terhadap materi pembelajaran yang sudah didapatkan siswa selama di kelas”, ungkapnya.

Nikmah menambahkan bahwa siswa bisa secara langsung menguji konsep-konsep materi yang mereka dapatkan di kelas dengan kenyataan di lapangan. Melalui kegiatan ini diharapkan tumbuh sikap kritis siswa sekaligus memberikan wawasan pengetahuan baru tentang kegiatan industri.

Baca Juga :  Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisri Dibekali Wawasan Bisnis Internasional

Kegiatan outing class diakhiri dengan refreshing, yaitu berenang dan makan siang di sekitar komplek perusahaan tersebut. Tugas lembar kerja peserta didik dikumpulkan kepada wali kelas masing-masing dan menjadi bagian dari penilaian portofolio. Saat pulang siswa diberi handuk kecil sebagai cindera mata dari perusahaan. Triawati PP

Loading...