JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dishub Solo Pasang Rambu Tambahan Hadapi Arus Mudik

Istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dinas perhubungan (Dishub) Kota Surakarta memasang 128 Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2019. Pemasangan RPPJ dilakukan di sejumlah titik terutama di persimpangan di Kota Solo, Selasa (21/5/2019).

Menurut Ketua Angkutan Lebaran 2019, Taufiq Muhammad, pemasangan RPPJ bertujuan untuk mengurai kemacetan di dalam kota saat arus mudik dan balik Lebaran 2019.

“Menghadapi arua mudik dan balik Lebafan 2019, sebanhak 128 RPPJ dipasang untuk memberikan petunjuk bagi pemudik yang melintasi Kota Solo, kami pasang di semua persimpangan masuk Kota Solo, baik dari arah barat, timur, utara selatan. untk memberikan petunuk bagi masyarakat yang melintasi Solo,” urainya, di sela pemasangan RPPJ di kawasan Faroka.

Baca Juga :  LPK PPSDM Gelar Training Online APU PPT

Taufiq menjelaskan, sesuai RPPJ yang dipasang, memberikan petunjuk dan himbauan bagi para pemudik yang hanya melintas Kota Solo untuk mengikuti arah yang disarankan.

“Artinya kalau hanya melintas Kota Solo, yakni pemudik dengan tujuan Sragen, Ngawi, Jawa Tinur dan lainnya sebaiknya tidak melewati dalam kota. Misalnya dari Barat menuju Timur, bisa dari Faroka menuju Jalan Ki Mangun Sarkoro ke Jalan Sumpah Pemuda, dan seterusnya, supaya yang dalam kota tidak begitu crowded,” imbuhnya.

Baca Juga :  Diliputi Wajah Sedih, Keluarga 3 Korban Tewas Kecelakaan Maut Plupuh Sragen Terima Santunan Rp 150 Juta dari Jasa Raharja

Selain itu, untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik yang singgah maupun hanya melintasi Kota Solo, Pemkot menyiapkan berbagai sarana dan prasarana, mulai dari rest area, RPPJ, layanan derek mobil gratis hingga tim patroli kota.

“Pemerintah kota sudah mempersiapkan bagaimana menghadapi para pemudik tamu-tamu dari luar Solo, salah satunya fokus penyiapan sarana prasarana lalu lintas dan angkutan jalan di Kota Solo siap untuk menerima pemudik yang tujuannya di kota solo,” tukas Taufiq. Triawati PP