JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Demokrat Belum Putuskan Gabung Jokowi atau Tetap di Oposisi

tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Meski sudah dipersilakan oleh Partai Gerindra keluar dari koalisi pendukung Prabowo-Sandiaga Uno, namun sejauh ini Partai Demokrat belum memutuskan sesuatu.

Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengatakan, sampai saat ini partai berlambang mercy itu belum pernah melakukan pembicaraan secara resmi akan berkoalisi dengan oposisi atau bergabung ke pemerintahan.

Demokrat, menurut Ferdinand, lebih dulu fokus menyelesaikan kewajiban sosial keluarga besar Susilo Bambang Yudhoyono atas meninggalnya Ani Yudhoyono.

“Partai Demokrat saat ini fokus kepada menyelesaikan kewajiban sosial keluarga besar SBY atas berpulangnya Ibu Ani,” tutur Ferdinand saat dihubungi, Sabtu (8/6/2019).

Baru setelah menyelesaikan kewajiban sosialnya pada Ani, kata Ferdinand, Partai Demokrat akan kembali melanjutkan percaturan politiknya. Saat itu tiba, ia memastikan akan ada perkembangan yang akan mereka sampaikan.

Baca Juga :  Sri Mulyani: Pemberian Vaksin Bakal Dilakukan dengan Standar WHO

Namun sejauh ini,  kata dia, belum ada pembahasan soal itu. “Tunggu saja bagaimana perkembangannya nanti, apakah Partai Demokrat akan tetap menjadi partai penyeimbang atau beroposisi atau partai pemerintah kita lihat ke depan,” kata Ferdinand.

Karena itu Demokrat terus mengembangkan silaturahmi di momen Idul Fitri seperti yang dilakukan oleh Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY.

AHY  menyambangi beberapa elite politik, seperti Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan keluarga Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

“Silaturahmi yang terus dirajut dan dijahit oleh AHY selama momen lebaran ini tentu akan kami pertahankan dan akan kami kembangkan ke depan karena silaturahmi yang baik antar elite politik tentu akan menghasilkan sesuatu yang baik kepada bangsa,” ujar Ferdinand.

Baca Juga :  Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung Masih Prokontra, MAKI Minta Polisi Gelar Rekonstruksi Ulang

Tim Kampanye Nasional Joko Widodo – Ma’ruf Amin sebelumnya menyambut positif kemungkinan bergabungnya Partai Demokrat ke koalisi partai-partai pendukung pemerintah.

Mereka menilai langkah  Agus Harimurti Yudhoyono dan adiknya, Edhie Baskoro Yudhoyono, menghadiri open house Presiden Jokowi dan berkunjung ke kediaman Megawati  merupakan gesture politik yang baik.

“Tentu ini akan semakin menyejukkan suasana politik yang agak memanas akhir-akhir ini,” kata Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo – Ma’ruf Amin, Ahmad Rofiq ketika dihubungi Tempo, Kamis (6/6/2019).

www.tempo.co