JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Dies Natalis ke-39 Unisri, 3 Dalang Akan Pentas Kolaborasi

Gladi bersih dalang kolaborasi/dok Humas Unisri
   
Gladi bersih dalang kolaborasi/dok Humas Unisri

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Setelah kurang lebih 10 tahun Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta tidak pernah menggelar pagelaran wayang kulit, Sabtu (22/6/2019) bertempat di halaman auditorium Unisri, akan pentaskan kembali pertunjukkan wayang kulit.

Demikian diungkapkan Direktur Pasca Sarjana Unisri, Dr. Wibowo Murti Samadi, SH, MS, selaku Panitia Dies Natalis Unisri ke-39 Sie Pentas Wayang Kulit, disela-sela gladi bersih, Rabu malam (19/6-2019).

“Kita akan kembali hidupkan tradisi wayangan yang sudah sepuluh tahun ini ditinggalkan yaitu pentas wayang kulit untuk menyemarakkan acara dies. Sekaligus nguri-uri dan melestarikan budaya jawa yang adi luhung,” paparnya sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

Lebih lanjut, Wibowo Murti Samadi menyampaikkan pentas akan mengambil lakon Sesaji Raja Soya dengan menampilkan tiga dalang, yaitu Ki Gunapati Wibowo nama pentas dari Direktur Pasca Sarjana, Wibowo Murti Samadi, dosen prodi PGSD Ki Winarto, S. Sn, SPd, MSn dan Dalang Remaja Ki Fajar Rahmat dari komunitas Ondo Rante.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

“Pemilihan lakon disesuaikan dengan kondisi kekinian. Sesaji Raja Soya menggambarkan watak angkara murka dan rakus terhadap kekuasaan, namun hancur lebur oleh kejujuran dan integritas,” tuturnya.

Pentas kolaborasi sengaja dilakukan untuk menggali potensi berkesenian dilingkungan Unisri, serta untuk membangkitkan kecintaan civitas akademika Unisri terhadap seni tradisi.

“Mencintai budaya tidak sekedar retorika, namun benar-benar dilakukan dengan tindakan nyata,” pungkasnya. suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com