loading...
Loading...
Dok Suharno

SOLO, Joglosemanews.com – Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-72, Panitia Hari Koperasi Kabupaten Jepara menggelar berbagai acara, salah satunya adalah seminar Reformasi Total Koperasi Indonesia Dalam Era Revolusi Industri 4.0, bertempat di Pendopo Kabupaten Jepara, Rabu (26/6/2019).

Seminar menampilkan narasumber Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Drs. Suharno, MM, MIPR, CA, CPC, Ak.

Acara dibuka dengan sambutan Plt. Bupati Jepara, Dian Kristiandi, yang dibacakan oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Eriza Rudi Yulianto, S. Sos.

Baca Juga :  Citibank Donasikan Dana Rp 30 Juta untuk Dukung Pengembangan UMKM di Semarang

Dalam sambutannya dia mengharapkan agar pengurus dan pengelola koperasi bisa mengikuti perkembangan zaman, berani ke luar dari zona nyaman.

“Besar kecilnya ukuran perusahaan tidak lagi menentukan keberlangsungan usaha. Tetapi kelincahan dalam mengikuti perkembangan teknologi yang akan menentukan suatu bisnis tetap bertahan dan terus berkembang atau tidak,” paparnya, sebagaimana dikutip dalam siaran pers ke Joglosemarnews.

Baca Juga :  The Sunan Hotel Manjakan Lidah Tamu dengan Promo Masakan Prancis

Lebih lanjut, Plt. Bupati Jepara, berharap koperasi bisa tumbuh berkembang secara berkelanjutan agar merangkul generasi melenial, karena generasi ini akan menjadi energi baru dan memiliki talenta kekinian yang dibutuhkan dalam era revolusi industri 4.0.

Dihadapan para penggiat dan penggerak koperasi yang hadir, Dosen Fakultas Ekonomi, Suharno, mengingatkan bila koperasi ingin tetap eksis di era revolusi industri 4.0 koperasi harus kembali ke jati diri sebagaimana amanat UUD 1945, menjadi soko guru perekonomian Indonesia. Mengedepankan asas gotong royong dan kekeluargaan.

Baca Juga :  Tokopedia Fokus Kembangan Pasar Lokal, Anggap Boyolali Lebih Penting daripada Bangkok

“Pengelolaan koperasi harus profesional. Pengurus dan pengelola benar-benar kompeten. Tidak boleh mengurus koperasi sekedar untuk pekerjaan sambilan. Kelembagaan koperasi menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dan manajemen resiko serta mandiri, tidak lagi bergantung fasilitas pemerintah ” pesan Suharno yang juga Direktur Amalia Consulting. suhamdani

Loading...