JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Saksi Prabowo Ungkap NIK Rekayasa, Padahal di Bogor 02 Menang

Tempo.co
   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Saksi kedua kubu  Prabowo- Sandiaga, Idham Amiruddin mengungkap dugaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) rekayasa, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di bawah umur, kecamatan siluman, dan pemilih ganda.

Hal itu diungkapkan Idham Amirrudin dalam sidang pemeriksaan sengketa hasil pemilihan presiden 2019.

Idham mengaku mendapatkan data-data tersebut dari DPT yang diperolehnya dari DPP Partai Gerindra.

“Saya dapatkan dari DPP Partai Gerindra,” kata saksi yang mengaku berasal dari Sulawesi Selatan ini di ruang sidang Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu, 19 Juni 2019.

Idham mengaku amat senang mendapatkan data DPT itu. Dia juga mengaku kerap bertanya-tanya mengapa selama ini banyak yang bertikai mengenai pilpres. Menurut dia, sumbernya adalah kesalahan data pemilih sejak awal.

Baca Juga :  Gugatan PHPU Pilpres 2024, Mahfud MD Optimis Hakim MK Jatuhkan Putusan Monumental, Asal Berani

Maka dari itu, Idham mengaku melakukan penelusuran dengan sistem teknologi informasi terhadap data DPT yang dia peroleh. Dia mengklaim temuannya terklasifikasi dalam empat hal di atas.

Hakim Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat sempat menanyai Idham soal posisinya di pemilihan presiden 2019. Meski mengaku mendapatkan data dari Gerindra, Idham mengklaim dirinya tidak terlibat dalam tim pemenangan Prabowo.

Salah satu keterangan yang disampaikan Idham ialah adanya 437.251 NIK rekayasa di Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang memiliki lebih dari 3 juta pemilih.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Hasyim Asyari lantas menanyai saksi kaitan antara dugaan NIK rekayasa dan potensi kemenangan pasangan calon di pilpres.

Baca Juga :  NasDem Mulai Bermanuver, PKS Tak Mau Bertemu Prabowo Sebelum Ada Ketetapan MK

Namun hakim MK Arief Hidayat mengatakan Hasyim tak bisa menanyakan hal yang sifatnya pendapat. Pendapat, kata dia, adalah ranah ahli untuk memberikan keterangan.

Hasyim kemudian bertanya kembali apakah Idham mengetahui siapa pemenang pilpres di Kabupaten Bogor. “Apakah Saudara tahu di pilpres ini untuk Kabupaten Bogor siapa pemenangnya?” tanya Hasyim.

“Saya tidak tahu karena target saya adalah pemilihan jujur saja,” kata Idham.

“Baik, kami kasih tahu di Kabupaten Bogor pemenangnya 02 tujuh puluh persen,” kata Hasyim.

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan pihaknya memang ingin menguji dalil tim Prabowo – Sandiaga ihwal adanya kecurangan. Dia mengatakan yang harus digali ialah relevansi antara dugaan kecurangan dengan perolehan suara di pilpres. 

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com