JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Beberapa Desa di Kawasan Gunung Sinabung Disapu Lahar Dingin

Tempo.co
Tempo.co

MEDAN, JOGLOSEMARNEWS.COM
Beberapa desa di kawasan gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatra Utara disapu banjir lahar dingin akibat hujan deras yang mengguyur, Rabu (10/7/2019) petang.

Dampak lahar dingin juga memutus jalan dari Desa Selandi ke Perbaji dan Kuta Buluh di Desa Sukatendel.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karo Martin Sitepu mengatakan, lahar dingin mengakibatkan genangan lumpur masuk ke rumah warga terutama di Desa Kutambaru.

Baca Juga :  Surat Nikah dan Perjanjian Cerai Soekarno Dijual: Ini Pengakuan Tito, Cucu Inggit Garnasih, soal Kepemilikan Dokumen dan Alasan Menjualnya

“Ada lima unit rumah dan satu Puskesmas Desa Kuta Mbaru terendam lumpur dingin.Beruntung tidak ada korban jiwa.” kata Sitepu kepada Tempo.

Lahar dingin juga meluap dari Lau Bakerah menyebabkan jalan terputus. Namun alat berat milik Pemkab Karo, ujar Sitepu, langsung dipergunakan menyingkirkan material yang terbawa lahar dingin.

“Jalan yang sempat terputus sudah bisa dipergunakan warga Kuta Buluh dan warga Desa Perbaji,” tutur Sitepu

Baca Juga :  Khawatir Jadi Klaster Penularan Covid-19, PP Muhammadiyah Imbau KPU Tunda Pilkada

Banjir lahar dingin tidak menyebabkan korban meninggal. Namun, sambung Sitepu, satu perempuan sempat terbawa arus.

“Sempat terbawa arus, seorang perempuan 17 tahun dapat diselamatkan,” ujarnya.

Salah satu warga Kuta Buluh bernama Abel Sembiring mengatakan, banjir lahar dingin akibat hujan yang mengguyur puncak Gunung Sinabung.

Air hujan, kata Abel, membawa material vulkanik Sinabung terdorong ke sungai dan meluap masuk ke rumah warga sekitar 40 sentimeter. 

www.tempo.co