JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Burung Langka Jenis Rangkong Emas Ditemukan di Hutan Cengkeh Pekalongan. Ditemukan Petani Saat Tak Berdaya 

Foto/Humas Polda
madu borneo
madu borneo
madu borneo

Foto/Humas Polda

PEKALONGAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Seekor burung langka jenis Rangkong Julang emas ditemukan warga dalam kondisi tidak berdaya di hutan wilayah Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan.

Burung tersebut ditemukan oleh Rohmat (50) warga Talun pada Sabtu (20/07/2019) ini kemudian dibawa Arif Budiman (22), ke rumahnya di Kranji Kelurahan Kedungwuni Timur, Kecamatan Kedungwuni untuk dirawat.

Penemuan burung langka itu kemudian dilaporkan ke petugas Mapolsek Kedungwuni pada hari ini.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan melalui kasubbag Humas Iptu Akrom mengatakan setelah adanya laporan penemuan satwa yang dilindungi yakni seekor burung Rangkong Julang Emas itu langsung dilaporkan ke BKSDA Tawa Tengah.

Baca Juga :  Deklarasi Cinta Damai, Kapolda Jateng Sebut Masyarakat Daya Tangkal Rendah Akan Mudah Terprovokasi!

“Tadi kita terima laporan dari warga atas temuan burung langka tersebut dan kita langsung menghubungi BKSDA Jawa Tengah,” kata Iptu Akrom dilansir Tribratanews Polda Jateng.

Dia menjelaskan, petugas piket jaga Polsek Kedungwuni Polres Pekalongan telah mendapatkan laporan dari Arif Budiman warga Kranji, Kelurahan Kedungwuni Timur, Kecamatan Kedungwuni.

“Satwa langka tersebut saat ini masih berada di rumah yang bersangkutan sembari menunggu proses evakausi atau penyerahan ke petugas BKSDA,” tambah Iptu Akrom.

Diketahui bahwa Arif Budiman (22) sendiri mendapatkan seekor burung Rangkong Julang Emas dari pamannya yakni Rohmat.

Pamannya usai pulang dari panen cengkeh menemukan satwa tersebut tidak berdaya di hutan.

Baca Juga :  Gangguan Kamtibmas Meningkat, Kapolda Jateng Sebut 6 Poin Penting Yang Wajib Dipahami Semua Jajaran. Salah Satunya Tak Boleh Mudah Terpancing Emosi!

Rismanto (51) yang juga ayah Arif menceritakan awal mula ditemukan burung langka tersebut dikira seekor ayam jago. Rohmat kemudian menghubungi Arif Budiman, anaknya mengenai penemuan itu.

Karena kondisinya tidak berdaya, Arif berinisiatif untuk merawatnya terlebih dahulu sebelum diserahkan kepada petugas. Rismanto sendiri menyadari burung yang dibawa anaknya tersebut merupakan burung langka dan dilindungi.

“Siang tadi baru laporan ke Polsek Kedungwuni agar bisa segera dievakuasi petugas yang berwenang,” tandasnya.

Menurut Rismanto, rencananya burung jenis Rangkong Julang Emas Ini akan di ambil BKSDA pada hari Kamis, (25/07/2019) mendatang.

“Informasi dari kepolisian seperti itu tadi,” tambahnya. JSnews