loading...
Loading...
Tatag Prabawanto/Foto Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM- Pemkab Sragen menyiapkan usulan 400 formasi untuk rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Formasi itu disiapkan terkait rencana rekruitmen CPNS dan Pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) 2019.

Hal itu disampaikan Sekda Tatag Prabawanto kepada wartawan, Minggu (7/7/2019). Ia mengatakan kendati masih menunggu petunjuk teknis, Pemkab Sragen telah memetakan kekosongan PNS do berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dari pemetaan tersebut Pemkab Sragen setidaknya masih membutuhkan lebih dari 600 ASN diberbagi sektor, baik pendidikan, Kesehatan dan juga tenaga teknis lainya.

Baca Juga :  Bursa Pilkada Sragen 2020, Bupati Yuni CLBK, Wabup Siapkan Antisipasi Tragedi Karanganyar Jilid 2 

“Formasi yang kita siapkan sekitar 400an. Usulan itu nanti kita sampaikan kepada Kemenpan,” paparnya, Minggu (7/7/2019).

Tatag mengungkapkan usulan 400 an formasi CPNS kepada kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) memang tak sebanding dengan jumlah ASN pensiun. Namun juga analisa berdasarkan lowongan dari kementerian. “Kan 100.000 formasi dibagi sekian daerah. Ya maksimal segitu jatah kita,” tambahnya.

Untuk diketahui, Pemerintah kembali akan membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) 2019 sebanyak 253.173 orang. Jumlah ini terdiri dari PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK/P3K).

Baca Juga :  Viral Kasus Siswi SMP Gemolong Digerebek Warga Saat Mesum di Kamar, Bupati Sragen Minta Dinas Pendidikan Intensifkan Razia Konten HP Siswa  

Sekda menjelaskan adapun formasi usulan yang diterima pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pusat. Selain itu juga menunggu petunjuk pelaksan dan petunjuk teknis.

“Kita tunggu juklak juknisnya dari Pak Menteri,” tandasnya.

Informasi yang dihimpun dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan pelatihan Daerah (BKPPD) Sragen setiap tahunnya 600 PNS pensiun.

Oleh sebab itu jabatan yang ditinggal pensiun tersebut kosong. Bahkan diketahui banyak pegawai eselon 4 yang tidak memilik staf karena kurangnya pegawai.

Baca Juga :  Trik Lolos Tes Administrasi CPNS 2019, Jangan Pernah Sepelekan 9 Hal ini

Sementara itu, Pemerintah pusat, alokasinya sebanyak 46.425 lowongan terdiri dari untuk PNS sebanyak 23.213 lowongan dengan rincian 17.510 untuk pelamar umum dan dari sekolah kedinasan 5.696.

Selain itu pemerintah pusat juga membuka 23.212 lowongan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK/P3K. Sementara itu jumlah lowongan CPNS pemerintah daerah mencapai 207.748. Terdiri dari lowongan PNS 62.324 dan untuk PPPK/P3K 145.424. Wardoyo

 

Loading...