JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Banyak Karya-Karya Inovatif di Karanganyar, Namun Belum Menemukan Pasar

Foto/Humas
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

Foto/Humas

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Untuk mempromosikan potensi unggulan lokal, para pemuda dari Karang Taruna se-Kecamatan Karanganyar menampilkan hasil kreativitas dan kesenian dalam acara bertajuk Karang Taruna Ekspo 2019.

Potensi unggulan itu diantaranya, kopi, makanan ringan, jok mobil dan aneka kerajinan lainnya. Karang Taruna Ekspo 2019 diselenggarakan di Pujasera Karangannyar 2-4 Agustus 2019.

“Saya meminta dan berharap event seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahun. Sebab banyak hasil karya yang ada lingkungan mereka. Poduknya sangat variatif dan kreatif. Ada yang mempunyai keahlian membuat sarung jok mobil dan itu bisa menyerap tenaga kerja di lingkungan sekitar,”  papar Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto yang hadir pada kesempatan tersebut membuka opening ceremony KT Expo 2019.

Baca Juga :  UMK Dinaikkan 3,27 % Pengusaha Karanganyar Rame-rame Buka Suara Keberatan. Ketua Apindo Ingatkan Ancaman PHK dan Pengurangan Karyawan, Sinyal Buruk Investasi ke Karanganyar?

Lurah Jungke, Jamil mengatakan, dengan kegiatan ini harapannya para pemuda dapat lebih inovatif. Sebab banyak karya-karya namun belum bisa menemukan pasar.

Dengan kegiatan ini ada melirik dan membantu untuk memasarkan produk-produk unggulan milik warga di Karanganyar Kota ini.

“Ada pembuat sarung jok mobil dari Lalung, tumbler dari Gayamdompo, keripik, kopi dan lain-lain. Semoga menemukan pemasar yang membantu menjual produk kami,” imbuhnya.

Baca Juga :  Mengenal Batik Asli Girilayu Matesih Yang Berharga Fantastis. Paling Murah Rp 1 Juta Hingga Rp 15 Juta, Apa Keistimewaannya?

Dalam KT Expo 2019 ini ada bazar pameran produk dari 12 kelurahan yang ada di Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Tasikmadu serta Colomadu. Lebih lanjut dalam kesempatan tersebut juga diberikan bantuan kepada 4 lingkungan yakni Lingkungan Mandungan, Padangan, Jungke dan Bibis.

“Mengalokasikan dana Rp 370 juta dari Dana Alokasi Umum (DAU) untuk pembelian 4 unit grobak sampah motor, perlengakapn Posyandu dan lansia Serta 5 unit meja pingpong, 4 set perlengkapan hadroh, dan 4 unit speaker aktif,” tutur Jamil. Wardoyo