loading...
Loading...
Tim Polsek Mojogedang saat melakukan olah TKP. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebakaran hebat melanda Pasar Jambangan, Kecamatan Mojogedang K Rabu (31/7/2019) malam. Kobaran api membumbung tinggi berkobar melahap sejumlah kios di pasar tersebut.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun kerugian material ditaksir mencapai lebih dari Rp 100 juta rupiah.

Data yang dihimpun di lapangan, kebakaran terjadi pukul 18.30 WIB. Menurut sejumlah saksi mata, kebakaran diawali dengan kepulan asap lalu terpantik kobaran api dari arah kios bagian timur depan.

Ada tiga kios yang terbakar. Data yang dihimpun di Mapolres, tiga kios itu masing-masing milik:

1. MARIYEM, umur 60 th, Islam, perempuan, dagang , Alamat Dk. Dani Pereng, Kec. Mojogedang, Kab. Karanganyar. ( Kios / Gudang Sembako )

2. TRI RETNO NINGSIH, 37Th, dagang alamat Selorejo RT. 26 Mojodoyong Kedawung Sragen ( pemilik kios baju.

3. Gimantono, 70Th, dagang alamat Wates Sidodadi RT. 04 Gentungan Mojogedang. ( Pemilik warung soto ).

Sementara menurut keterangan saksi mata, kebakaran terjadi selepas magrib saat mayoritas kios sudah tutup.

“Tadi saya sedang ngobrol dengan teman saya. Tahu-tahu ada kepulan asap dan kobaran api besar dari arah. Kami langsung berusaha mendobrak kios itu tapi kios terkunci. Ketika sudah masuk, api sudah merembet hingga ke atap dan semakin besar,” ujar Heri (40) salah satu saksi mata di kios.

Baca Juga :  Tanah Dihargai Terlalu Murah, Belasan Warga Karanganyar Tolak Ganti Rugi Waduk Jlantah. Alat Berat Juga Dihentikan Paksa 

Kobaran api membuat panik warga yang ada di sekitar lokasi. Mereka langsung berhamburan memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Sementara pemilik kios juga langsung dikontak dan datang berusaha mengevakuasi barang dagangan. Bersamaan itu, tim Damkar dari Karanganyar dan Sragen langsung ke lokasi membantu pemadaman.

Salah satu pemilik kios sembako, Sugiyo (65) mengaku saat tiba di lokasi, api belum padam. Ia kemudian berusaha mengevakuasi dagangan sembako yang ada di dalam dan masih bisa diselamatkan.

“Di dalam kios ada gula pasir 2 ton, gula merah 1,5 ton, beras 4 kuintal, kerupuk krecek, dele, teh, kentang, dan kacang,” urainya.

Terpisah, Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Efendi melalui Kapolsek Mojogedang, AKP Mardiyanto saat dikonfirmasi wartawan membenarkan kejadian itu. Menurutnya api kali pertama muncul pukul 18.30 WIB dan kemudian membakar deretan kios di bagian timur depan.

Baca Juga :  Di Hadapan Puluhan Sekwan se-Jateng, Bupati Karanganyar Pesan Sekwan Harus Dukung Fungsi DPRD! 

Menut pendataan, ada tiga kios yang terbakar yakni kios gudang sembako, kios baju muslim dan kios soto.

“Yang terbakar ada tiga kios. Namun selatan kios baju muslim yakni kios telur, bagian atap dirusak supaya api tidak merambat,” paparnya.

Ia mengatakan diduga kuat, api pertama kali berasal dari atap kios belakang. Kemudian menjalar ke kios di sekitarnya.

Ia menyampaikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Setelah berjibaku hampir satu jam, kobaran api berhasil dipadamankan pukul 19.30 WIB.

“Untuk saat ini kita pasang police line untuk olah TKP dan penyelidikan lebih lanjut,” papar Kapolsek Mojogedang. Wardoyo

Loading...