JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Erupsi Gunung Tangkuban Perahu Terus Terjadi

Tribunnews.com
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

tangkuban perahu erupsi
Tribunnews.com

BANDUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Erupsi yang terjadi di Gunung Tangkuban Perahu hingga kini belum selesai. Erupsi masih terjadi, bahkan kepulan asap putih dari Kawah Ratu sempat terpantau dari Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (4/8/2019).

Asup putih tersebut sempat membumbung tinggi yang menandakan gunung yang terkenal dengan Legenda Sangkuriang itu hingga saat ini masih terus mengalami erupsi.

Bahkan, gunung yang memiliki ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut itu statusnya masih pada Level II Waspada dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dengan radius jarak aman 1,5 kilometer.

Baca Juga :  Polri Sebut, Penurunan Baliho Rizieq Shihab Karena Langgar Perda dan Mengandung Unsur Provokasi

Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi pada PVMBG Hendra Gunawan, membenarkan hingga saat ini Gunung Tangkubanparahu masih terus mengalami erupsi dan belum ada penurunan aktivitas.

“Betul masih erupsi menerus, kepulan asap juga terpantau dari visual PVMBG sekitar pukul 06.58 WIB,” ujarnya, Minggu (4/8/2019).

Sementara berdasarkan pengamatan dari seismograf gempa tremor juga masih terus terjadi dengan amplitudo 35 hingga 50 milimeter dan dominannya 50 milimeter.

Baca Juga :  Munas X MUI Bahas 5 Fatwa: Empat Fatwa Terkait Haji dan Satu soal Penggunaan Sel Diploid Manusia untuk Obat dan Vaksin

Untuk erupsi menerus ini, lanjut Hendra, ketinggian kolom abu masih berkisar antara 100 hingga 180 meter dari pusat kawah.

“Iya (Aktivitas) Gunung Tangkubanparahu hingga saat ini masih tetap sama seperti itu,” katanya.

Menurutnya, secara seismik, aktivitas Gunung Tangkubanparahu masih didominasi oleh gempa yang mencerminkan aktivitas di kedalaman dangkal berupa Gempa Hembusan dan Tremor menerus.

www.tribunnews.com