loading...
Loading...
Salah satu kerabat korban saat mengais sisa album berisi foto-foto keluarga yang ikut terbakar di rumah juragan cambah di Nglorog, Sragen Kota Senin (5/8/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebakaran melanda rumah milik Sutarmanto (35), warga Kampung Dukuhan, RT 1/4, Kelurahan  Nglorog, Kecamatan Sragen Kota, Sragen, Senin (5/8/2019). Kobaran api yang diduga berasal dari aliran listrik menghanguskan separuh rumah milik juragan kecambah yang punya usaha di Pasar Bunder Sragen tersebut.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun kerugian material ditaksir mencapai hampir Rp 100 juta.

Data yang dihimpun di lokasi kejadian, kebakaran terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Menurut keterangan Sutarmanto, saat itu dirinya masih tidur karena barusaja pulang dari pasar.

Dia tidur di kamar ruangan depan. Di tengah terlelap, mendadak ia dikejutkan dengan teriakan kebakaran-kebakaran dari tetangga.

“Begitu bangun saya lihat api sudah menyala di bagian belakang rumah. Kondisi api sendiri sudah membesar dan menjalar ke bagian atap,” terang Sutarmanto kepada JOGLOSEMARNEWS.COM, Senin (6/8/2019).

Api kali pertama diketahui tetangga samping rumahnya, Eko darmanto (29). Pagi itu ia kaget melihat kepulan asap disertai kobaran api yang muncul dari rumah bagian belakang milik korban.

Baca Juga :  Ujian Panwascam Sragen Dilanda Kekacauan. Server Mendadak Error, Puluhan Peserta Gagal Ujian

Sontak ia langsung berteriak dan lari ke atap rumah korban untuk memadamkan api dengan air dari sanyo. Namun karena kobaran makin menjadi dan tak terkendali, ia pun menyerah.

Bersamaan itu, warga lain mengontak pemadam kebakaran yang datang dengan dua unit mobil pemadam.

“Saya langsung naik ke atap nyirami pakai sanyo tapi nggak kuat. Lalu ada warga telepun pemadam. Apinya pertama kami dari kamar belakang. Awalnya kecil lalu membesar,” terang Eko.

Lebih lanjut, Sutarmanto menuturkan karena api sudah membesar, tak sempat dilakukan evakuasi barang berharga. Api baru bisa dipadamkam sekira pukul 10.00 WIB dengan separuh rumah sudah hangus berikut harta benda di dalamnya.

“Ada surat berharga, sertifikat, perhiasan yang terbakar. Dugaannya api (berasal) dari konsleting listrik magic com di ruangan belakang. Kata pak Polisi tadi dari kabel magic com. Bagian colokannya memang agak londot (longgar),” tuturnya sedih.

Baca Juga :  Dicokot Bandar Ganja Jakarta, Kalapas Sragen Curiga 20 Napi Kiriman Baru dari LP Cipinang
Foto/Wardoyo

Tak lama setelah menerima laporan, PMI Sragen langsung mengerahkan tim dan ambulans. Kepala Markas PMI Sragen, Wahdadi mengatakan tidak ada korban luka dalam musibah itu. Penghuni rumah selamat dan menyelamatkan diri saat kebakaran terjadi.

Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan melalui Kapolsek Sragen, Iptu Mashadi mengatakan hasil olah TKP, kebakaran diduga dipicu oleh korsleting listrik di rumah korban.

Namun ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Wardoyo

 

Loading...