JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Keracunan Massal 60 Warga Dukuh Tambakboyo Tawangsari Sukoharjo, Diduga Usai Makan Nasi Malam Tirakatan 17an

Salah satu korban keracunan massal. Dok. Polres Sukoharjo.

Keracunan massal
Salah satu korban keracunan massal. Dok. Polres Sukoharjo.

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sedikitnya 60 warga Dukuh Tambakboyo RT 1 RW 1 Desa Tambakboyo, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo diduga mengalami keracunan.

Kuat dugaan pilihan warga itu keracunan usai menyantap makanan yang dihidangkan saat malam tirakatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 Jumat (16/8) lalu.

Informasi yang berhasil dihimpun, 60 warga dirujuk ke Puskesmas Tawangsari untuk mendapatkan penanganan. Dari jumlah itu, 24 di antaranya yang menjalani perawatan rawat inap.

Baca Juga :  Ini Loh Lur Sebaran Kasus Aktif COVID-19 di Sukoharjo, Ternyata Kematian Terus Melonjak Lantaran Dalam Sehari Tambah 3 Orang Lagi

Salah seorang warga yang keracunan Wasiyem, membeberkan, sebelumnya warga menggelar acara malam tirakatan Kemerdekaan RI. Acara diakhiri dengan makan bersama seluruh warga pada Jumat (20/8) malam.

“Makanan yang disantap adalah nasi opor buatan warga sendiri,” kata dia

Bahan makanan dibelanjakan warga sendiri pagi sebelumnya. Lantas dimasak bersama-sama semua masakan dan menaruhnya ke kardus makanan.

“Malam tirakatan kami makan bersama. Bagi warga yang tidak berangkat dihantarkan nasi boks tersebut,” terang dia.

Baca Juga :  Masjid At Taqwa Banmati Sukoharjo Dilockdown Sementara Gegara Ada Imam yang Positif COVID-19

Dia mengaku tidak merasakan keanehan sesaat setelah menyantap masakan tersebut. Keanehan terasa pada keesokannya. Dia merasakan nyeri perut, pusing, meriang dan diare.

Plt Kapolsek Tawangsari Iptu Sidi Purnama mengatakan pihaknya telah menerjunkan anggota untuk melakukan penyelidikan terkait dugaan keracunan tersebut. Anggotanya kini tengah menggali informasi dari warga dan juga korban. Aria/Humas Polres Sukoharjo