Beranda Daerah Solo Konco Komodo UNS Dirikan Rumah Kreatif di NTT

Konco Komodo UNS Dirikan Rumah Kreatif di NTT


loading...
Loading...
Konco Komodo UNS,  sebutan bagi Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dirikan rumah Kreatif di NTT. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM– Konco Komodo UNS merupakan sebutan bagi Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tengah mengabdi di Nusa Tenggara Timur (NTT) tepatnya di Desa Macang Tanggar, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat. Benar kiranya bahwa kemajuan Indonesia tidak cukup dengan pembangunan infrastruktur, tetapi juga peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagaimana tema Peringatan HUT Ke-74 RI “SDM Unggul, Indonesia Maju”.

Hal itulah yang akhirnya mendorong Konco Komodo UNS menginisiasi dan mendirikan Rumah Kreatif untuk masyarakat Macang Tanggar, Komodo yang didirikan di Dusun Lemes. “Rumah Kreatif adalah salah satu program kerja kami berupa sebuah tempat atau rumah yang diperuntukkan bagi masyarakat terutama anak-anak dan pemuda sebagai tempat bermain sekaligus belajar, berkumpul, dan berkarya dalam berbagai bidang keilmuan. Seperti seni rupa, lingkungan, ekonomi, kesehatan, dan pendidikan,” jelas Ade Luqman, salah satu anggota Konco Komodo UNS, Kamis (21/8/2019).

Baca Juga :  KPU Solo Ajukan Rp 17 M Untuk 3 Pasang Calon Pilwakot Solo 2020

Dengan kata lain, Konco Komodo UNS berharap tempat ini dapat menjadi salah satu media pembelajaran masyarakat yang tersaji dengan kreatif dan inovatif, sehingga lebih menarik minat masyarakat dan dapat mencetak generasi kreatif serta bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Baca Juga :  Di Balik Miras Oplosan Maut Yang Tewaskan 5 Orang di Solo. Polisi Ungkap Miras Dioplos Dengan Banyak Bahan, Begini Penampakan Penjualnya! 

Program yang berawal dari ide Ketua Konco Komodo UNS ini telah diresmiskan pada Minggu (4/8/2019) oleh Camat Komodo, Imran. Acara tersebut juga dihadiri oleh Hery Widjayanto selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN, Jamaludin selaku Kepala Desa Macang Tanggar, Sultan selaku Kepala MI Al Ikhtar Mburak, serta para tokoh masyarakat lainnya.
“Acara peresmian berlangsung menyenangkan dan menarik karena banyak cerita yang disampaikan oleh berbagai pihak dalam sambutannya,” tambah Ade.

Baca Juga :  UTP Kukuhkan 718 Mahasiswa Baru

Rumah tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti UKS, taman baca, meja bermain (ludo dan ular tangga), pohon harapan, taman kering, ruang diskusi, tempat ngopi, hidroponik dan lain-lain. Sementara itu, tenaga pengajar dan penanggungjawab Rumah Kreatif merupakan guru-guru MI Al Ikhtar Mburak, guru SMP Muhammadiyah Mburak, dan tokoh-tokoh masyarakat dusun Lemes yang dikoordinatori oleh Kepala MI Al Ikhtar Mburak, Sultan. Triawati PP

Loading...