JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Pasangan Warga Bantul Ini Diperas Wartawan Gadungan Rp 100 Juta

Ilustrasi/tempo.co
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Ilustrasi/tempo.co

BANTUL, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pasangan warga Bantul, Provinsi DIY ini menjadi korban pemerasan oleh tiga orang wartawan gadungan berinisial Ms, Ts dan Dvt asal Jawa Barat.

Namun aksi tiga pelaku tersebut berhasil diungkap oleh Tim Resmob Polres Bantul dan ketiganya berhasil diringkus.

Hingga kini kasus tersebut terus dikembangkan petugas kepolisian untuk mengungkap kasus lainnya.

Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Riko Sanjaya SIK, Jumat (23/8/2019) mengatakan, kasus pemerasan yang dilakukan orang yang mengaku wartawan tersebut terjadi Selasa (20/8/2019) di Jalan  Guwosari, Pajangan,  Bantul.

Siang itu sekitar  pukul 14.00 WIB, korban Ja, warga Kasihan Bantul bersama teman wanitanya bermaksud mencari makan siang dengan naik mobil.

Baca Juga :  DIY Tambah Lagi 8 Kasus Baru, Kebanyakan Kasus Transmisi Lokal

Selesai makan, korban menuju ke rumahnya, tetapi di tengah jalan mobilnya dihentikan dua orang laki-laki tidak dikenal.

“Bersamaan itu, itu salah satu pelaku mengaku sebagai wartawan, setelah itu pelaku masuk mobil yang diikuti pelaku lainnya,” ujar Riko.

Selama dalam mobil itu, pelaku mengatakan jika sudah merekam  semua aktivitas korban.

Jika tidak memberikan uang Rp 100.000.000, hasil rekaman akan disebarluaskan, kemudian korban menyerahkan uang Rp 15.000.000.

Setelah menerima laporan sudah terjadi pemerasan, petugas dipimpin Kanit Resmob Polres Bantul, Iptu Supriyadi SH  melaksanakan penyelidikan di lapangan.

Hasil penyelidikan diketahui, pelapor ingin memberikan sejumlah uang kekurangan kepada pelaku. Karena komplotan tersebut meminta kekurangan uang kepada pelapor.

Baca Juga :  Tetap Buka Semua Destinasi Wisata, Pemkab Bantul Perketat Protokol Kesehatan

Jika tidak memenuhi akan menyebarluaskan rekaman kegiatan pelapor.

Kemudian disepakati penyerahan uang dilakukan di rumah pelapor, tetapi begitu sampai rumah korban pelaku curiga akan dijebak.

Kemudian Rabu (21/8/2019) pukul 21.30 WIB di Jalan Jenderal Sudirman Bantul, Resmob berhasil mengamankan 1 satu unit mobil Daihatsu B-1417-POC dan 3 orang yang diduga pelaku tindak pidana tersebut.

“Merujuk pemeriksaan awal, ketiga terduga pelaku mengakui dan membenarkan telah mengaku sebagai wartawan salah satu media cetak yang digunakan untuk memeras korban,” ujar Riko. #teras.co