JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Presiden Jokowi Kritik Ribetnya Perizinan di Tanah Air

Tempo.co
   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Banyaknya regulasi atau perizinan di Indonesia dikeluhkan oleh presiden Jokowi. Pasalnya, ribetnya perizinan tersebut justru menjerat diri sendiri.

“Sudah diatur-atur, atur-atur, ribet, ruwet. Ini di kita. Terlalu banyak diatur, terlalu banyak peraturan, undang-undang, perpres, permen, pergub, perda, perwali, perbupati,” kata Jokowi saat menghadiri Muktamar PKB di The Westin Resort Nusa Dua, Bali, Selasa (20/8/2019)

Bahkan, ketika Presiden ingin memutuskan sebuah kebijakan dengan cepat, ia selalu tertahan karena diingatkan orang sekitarnya mengenai peraturan.

“Yang buat kita sendiri, yang bingung kita sendiri. Yang enggak bisa cepat juga kita sendiri,” kata dia.

Baca Juga :  Qodari Bilang Gibran Berpeluang jadi Ketum Golkar, Dave Laksono: Belum Ada Pembicaraan ke Arah Munas, Tuh!

Jokowi kemudian membandingkan pengalamannya ke Dubai, Uni Emirat Arab, pada 17 tahun lalu ketika masih menjadi pengusaha.

Ia merasakan begitu cepatnya mengurus perizinan usaha di sana hanya dalam waktu kurang dari 30 menit. Saat itu, kata Jokowi, perizinan di Dubai sudah serba online.

“Tidak ada 30 menit, itu sudah 17 tahun yang lalu. Kita di sini 5 tahun yang lalu, izin pembangkit listrik, saya tanya berapa tahun, ‘Pak saya ngurus ini Pak ini 6 tahun enggak selesai. Saya kejar berapa izin? Ada 259 izin. Coba, bagaimana kita mau cepat? Ngurus satu izin saja 259 item,” katanya.

Baca Juga :  Usia Belum Nyampai, Erina Gudono Masuk Bursa Pilkada Sleman 2024, Pakar: Masak, Undang-undang Mau Diubah Lagi?

Menurut Presiden, budaya tersebut seharusnya tidak boleh diteruskan. Pasalnya, kecepatan merupakan syarat agar negara bisa maju.

Jokowi mengatakan sudah berkali-kali berbicara dengan anggota DPR bahkan asosiasi DPRD agar membuat peraturan baik undang-undang atau perda yang berkualitas.

“Buat satu dua saja, tapi kualitasnya yang baik, melindungi kepentingan rakyat, melindungi kepentingan negara, daerah, itu yang dibutuhkan,” kata Presiden.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com