loading...
Loading...
Tempo.co

JAKARTA, Joglosemarnews.com – Berbalik dari dunia dan debut tinju yang membawa namanya menjadi besar, mantan petinju dunia kelas berat, Mike Tyson kini asyik mengonsumsi ganja, sekaligus menjalankan bisnis ganja.

Dalam bisnisnya, ganja tersebut ditawarkan ke warga California, Amerika Serikat. Tak tanggung-tanggung, ia juga mempunyai ladang ganja seluas 40 hektar di selatan California yang diberi nama Tyson Ranch.

Kegiatan mengonsumsi ganja memang merupakan hal yang legal di sejumlah negara bagian Amerika Serikat.

Tyson menjelaskan aktivitas memproduksi ganja tak semata-mata dilakukan untuk meraup laba. Menurut dia, saat ini ganja tengah diteliti untuk dicari manfaatnya bagi kesehatan.

“Saya berpikir tentang seberapa banyak kebaikan yang dapat saya lakukan dengan membantu orang-orang dengan ganja,” kata dia mengutip The Sun, 20 Agustus 2019.

Selain dikembangkan untuk kepentingan konsumsi pribadi dan komersial, ladang ganja Tyson juga dimanfaatkan untuk riset.

Tujuannya ialah mendapat senyawa ganja seperti THC (Tetrehydrocannabinol) dan CBD (Cannabidiol) berkualitas tinggi.

Zat itu disebut-sebut bisa menekan gangguan psikosis atau kelainan kejiwaan yang ditandai dengan kegelisahan, paranoia, dan halusinasi.

Tak hanya riset, Tyson membuka kesempatan untuk mempelajari cara menanam dan membudidayakan ganja di Tyson Cultivation School.

Ia juga sudah memulai pembangunan resort seluas 407 hektar yang diberi nama “Lollapalooza of Cannabis.”

Kawasan itu direncanakan akan mempunyai beragam fasilitas, seperti amfiteater, penginapan, dan wilayah berkemah.

Dari usaha yang dikelola saat ini, Tyson dapat mengantongi penghasilan US$ 500.000 atau sekitar Rp 7,11 miliar.

Sedangkan dari ganja yang ditanam sendiri, dalam sebulan ia dapat menghisap ganja dengan nominal mencapai Rp 568,5 juta.

Tyson semakin menambah daftar artis dan mantan olahragawan yang berkecimpung di bisnis ganja.

Sebelumnya sudah ada penyanyi rap, Snoop Dog yang memiliki label usaha ganja Leafs by Snoop.

Lalu ada Whoopi Goldberg yang turun ke dunia ganja untuk tujuan medis, yakni mengobati penderita kram atau nyeri haid parah.

Ada Stephen Marley yang mempunyai merek dagang ganja resmi Bob Marley. Juga, mantan pemain NBA, Cliff Robinson, yang baru-baru ini membuka toko ganja di Oregon bernama Uncle Spliffy.

www.tempo.co

Loading...