JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Saut: Orang Tak Berintegritas Biasanya Tak betah Lama di KPK

Wakil ketua KPK Saut Situmorang/tempo.co
   
Wakil ketua KPK Saut Situmorang/tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah nama yang diduga bermasalah dikabarkan lolos dalam seleksi pimoinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023).

Namun hal itu tidak membuat Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Saut Situmorang khawatir.

“Orang di KPK yang integritasnya terganggu ya enggak akan lama, percaya deh. Dia enggak bisa bertahan lama,” kata Saut di Gedung Pusat Pendidikan Antikorupsi, Jakarta, Sabtu (24/8/2019).

Menurut Saut, pengawasan di KPK sangat ketat. Pimpinan, kata dia, mengawasi bawahannya, begitupun bawahan mengawasi atasannya dengan ketat.

“Pegawai KPK sampai kiamat akan seperti itu, pimpinannya dikritik, ditantang, dan itu perintah undang-undang. Itulah integritas di KPK,” kata dia.

Baca Juga :  Polri Klaim Angka Kecelakaan Lalu Lintas Arus Mudik Lebaran  2024 Turun 12 Persen

Di sisi lain, pengawasan dari masyarakat sipil kepada KPK juga tak bisa disepelekan. Menurut Saut, bila KPK mulai melenceng, maka masyarakat sipil pasti langsung bersuara.

“Walaupun dia punya rekam jejak (buruk), lalu ke dalam, pasti dia mikir-mikir,” kata Saut.

Sebelumnya, panitia seleksi capim KPK mengumumkan 20 nama yang lolos tahap profile assessment.

Menurut catatan KPK yang diberikan pansel, di antara nama itu ada yang punya catatan bermasalah, mulai dari tidak patuh membuat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), dugaan pernah menerima gratifikasi, melakukan pelanggaran etik dan menghambat kerja KPK memberantas korupsi.

Baca Juga :  Jika Tuduhan Pencatutan Nama Dosen Malaysia Terbukti, Pakar: Gelar Guru Besar Dekan FEB Unas Mestinya Dicopot

Data itu telah diberikan KPK kepada pansel untuk menjadi acuan dalam seleksi. Anggota pansel Hendardi mengatakan telah menerima data tersebut.

Menurut dia ada data yang sudah terbukti kebenarannya dan ada yang masih indikasi. Untuk yang masih indikasi, kata dia, pansel bakal mendalami dugaan tersebut di tahap selanjutnya.

“Kalau temuannya memiliki kekuatan hukum tetap tentu tidak ada toleransi,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com