JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

4 Pimpinan DPRD Karanganyar Resmi Dilantik. Bupati Karanganyar Mengaku Siap Dengan Kritikan dan Makian

Pelantikan pimpinan dprd karanganyar. Foto/Wardoyo

IMG 20190926 WA0027
Pelantikan pimpinan dprd karanganyar. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Empat pimpinan DPRD Karanganyar periode 2019-2024 resmi dilantik, Rabu (25/9/2019). Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengingatkan para wakil rakyat ini, agar lebih cepat melakukan konsolidasi serta tetap menjaga amanah dalam menjalankan tugasnya.

Dirinya juga siap untuk dikritik asalkan membangun. Empat pimpinan yang dilantik adalah Bagus Selo sebagai Ketua DPRD, bersama tiga wakil yakni Rohadi Widodo, Anung Marwoko, dan Tony Hatmoko.

“Para pimpinan dan anggta DPRD yang baru ini, adalah orang-orang berpengalaman. Mereka harus lebih cepat melakukan konsolidasi. Dan satu hal yang penting, merela para wakil rakyat ini, harus tetap menjaga marwah lembaga terhormat ini,” kata bupati, Rabu (25/09/2019) sore.

Menurut bupati, lembaga wakil rakyat ini, merupakan sebuah lembaga untuk memunculkan ide dan gagasan yang dapat diterima semua pihak. Diperlukan sebuah sinergi antara eksekutif dan legislatif.

Baca Juga :  Disdagnakerkop & UMKM Karanganyar Keluarkan Surat Edaran, Minta Perusahaan Berikan THR dan Tak Rumahkan Karyawan

“Parlemen, merupakan ruang untuk  menciptkan ide gagasan. Apa yang menjadi gagasan tersebut, kemudian diputuskan melalui proses demokrasi, dan harus ada sinergi diantara kedua lembaga, baik eksekutif maupun legislatif,” ujar bupati.

Ditambahkan bupati, sebagai pejabat public, jajaran pimpinan dan anggota DPRD Karanganyar ini, juga tidak alergi terhadap berbagai kritik dari masyarakat.

“Saya sebagai buapti, serta wakil bupati dan anggota DPRD adalah pejabat publik. Kita semua harus siap dikritik dan makian. Tentu saja kritikan tersebut harus menjunjung tinggi etika. Dan jangan pernah berharap untuk dipuji,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Karanganyar periode 2019-2024, Bagus Selo, usai pengambilan sumpah janji jabatan menyatakan sebagai lembaga, tetap akan melaksanakan tugas pokonya dalam mengawal jalannya pembangunan di Karanganyar.

Baca Juga :  Tak Ada Toleransi Bagi Pemudik! Berani Nekat, dan Ketahuan  Polres Karanganyar, Bakal Dipulangkan Paksa

Menurut Bagus Selo, ada tiga tugas pokok DPRD yang harus dilaksanakan, yakni fungsi angaran, fungsi pengawasan dan fungsi legislasi.

“Anggota dewan harus sebagai pengontrol tetap kita dilakukan. Kita tetap kritis dengan memberikan masukan, saran dan pendapat untuk pembangunan Karangaanyar yang lebih baik,” jelasnya.

Disisi lain, ketika disinggung mengenai sikap Fraksi, Wakil Ketua DPRD asal PKS, Rohadi Widodo menegaskan  apakah tetap akan melakukan kontrol atas berbagai kebijakan yang nantinya akan dilakukan oleh Pemkab Karanganyar.

“Pengawasan merupakan bagian dari tugas dewan. Kita tetap melakukan apa yang menjadi tugas dan kewajiban kita sebagai wakil rakyat,” tandasnya. Wardoyo